PGRI

............

holiday angkasa wisata
Pendidikan

Dosen UPGRIP Beri Motivasi Pentingnya Manajemen Pendidikan dan Keuangan Berbasis Digital di SMAN Tanjung Agung Muaraenim

 

SumselMedia.Com, Muaraenim-

Meningkatkan minat dan bakat siswa di bidang kewirausahaan yang berbasis digital, merupakan salah satu tuntutan pendidikan masa sekarang ini.

Berangkat dari hal tersebut, maka Dosen-Dosen Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) mengadakan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di SMA Negeri 1 Tanjung Agung atau UPT SMA Negeri 4 Muara Enim, Selasa (18/10/2022).

Kedatangan tim Dosen dan Mahasiswa dari UPGRIP diterima dengan hangat oleh Kepala SMA Negeri 1 Tanjung Agung atau UPT SMA Negeri 4 Muara Enim, Bapak Fakhrizal, S.Pd., M.Si.

Setelah melakukan silaturrahim dengan Kepala Sekolah, acara selanjutnya dilanjutkan dengan melaksanakan Memorandum of Understanding (MoU) antara UPGRIP dan Sekolah SMA Negeri 1 Tanjung Agung atau UPT SMA Negeri 4 Muaraenim.

(Pemberian kenang-kenangan Tim Dosen UPGRIP dengan SMA Negeri 1 Tanjung Agung atau UPT SMA Negeri 4 Muaraenim)

Rektor Universitas PGRI Palembang dalam kata sambutannya yang disampaikan oleh Zahruddin Hodsay, S.Pd., M.M., menyampaikan bahwa Pengabdian kepada Masyarakat merupakan salah satu dari wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus dilaksanakan oleh dosen-dosen di lingkungan UPGRIP karena merupakan salah satu transfer ilmu pengetahuan bagi guru-guru dan siswa di SMA Negeri 1 Tanjung Agung atau UPT SMA Negeri 4 Muara Enim.

Selain itu Rektor berharap, Universitas PGRI Palembang menjadi pilihan siswa untuk meneruskan pendidikannya di Perguruan Tinggi kelak saat siswa berhasil menyelesaikan pendidikannya di SMA Negeri 1 Tanjung Agung atau UPT SMA Negeri 4 Muara Enim.

Sementara itu, pada PkM, Nuryanti Permatasari, S.E., M.M., membuka dengan materi Pentingnya Fungsi Manajemen Keuangan Digital dalam Mempersiapkan Keuangan Sekolah, sedangan Ibu Depi Pramika lebih menyorot tentang Literasi Ekonomi Berbasis Digital.

Kegiatan ini semakin penting dan menarik disaat Zahruddin Hodsay, S.Pd., M.M. menyampaikan materi yang berjudul Implementasi Rasio Laporan Keuangan Berbasis Digital, karena disertai dengan kuis. Sebagai pemateri keempat, ibu Diana Widhi Rachmawati, S,Ip., M.M. Pada kesempatan ini mengangkat permasalahan Pengetahuan Manajemen Keuangan Digital dalam Pengelolaan Manajemen Keuangan Sekolah dan Koperasi.

(Tim dosen UPGRIP saat disambut di ruang kerja Kepala SMA Negeri 1 Tanjung Agung atau UPT SMA Negeri 4 Muaraenim)

Antusias siswa terlihat saat materi Efektivitas Pemanfaatan Sumber Belajar Digital yang disampaiakan oleh Bapak Hendri Gunawan, S.Pd. M.Pd., dikarenakan banyak mengangkat berkenaan dengan aktivitas di kalangan para siswa dalam meningkatkan prestasi belajar.

Selanjutnya, M. Toyib, S.Pd., M.Pd menyampaikan materi tentang Prinsip Manajemen Keuangan Berbasis Digital dan sebagai pemungkas acara pemaparan materi Manajemen Pengelolaan Kelas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa disampaikan oleh Erma Yulaini, S.Pd., M.Si.

(Foto bersama Tim PkM Dosen dan mahasiswa UPGRIP di SMA Negeri 1 Tanjung Agung atau UPT SMA Negeri 4 Muaraenim)

Acara ditutup dengan sesi foto bersama dosen-dosen Universitas PGRI Palaembang dengan guru-guru dan dan kepala sekolah SMA Negeri 1 Tanjung Agung atau UPT SMA Negeri 4 Muaraenim.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button