PGRI

............

Religi

IGTKI Gandeng LMI Beri Pelatihan Manasik Haji bagi Anak-anak di Kecamatan Martapura

 

SumselMedia.com, OKUT-

Sebagai bentuk mengenalkan nilai-nilai Islam sejak dini, Ikatan Guru Taman Kanak-kanak (IGTK) di Kecamatan Martapura, Kabupaten OKU Timur menggandeng Lembaga Management Infaq (LMI) Sumatera Selatan dengan mengadakan pelatihan haji kepada anak-anak, Rabu (17/5/2023).

Sebanyak 560 anak TK di Kecamatan Martapura menjalani serangkaian pelatihan haji di Taman Tani untuk mengenal salah satu rukun islam tersebut. Tujuannya tidak lain supaya mereka sejak dini sudah tahu mengenai ibadah haji dan paham terkait tata cara ibadahnya.

“Ibadah haji yang tidak bisa dilakukan setiap hari, kami coba tunjukan bagaimana proses haji yang baik dan benar kepada anak-anak supaya kalau sudah dewasa tidak bingung mengenai apa saja yang harus dilakukan saat menjalani haji,” ucap Ma’ruf selaku Perwakilan LMI Sumatera Selatan.

Berikutnya, dengan adanya pelatihan yang diberikan kepada anak-anak seperti ini bagi KH. Amirulmukminin, S. Ag. selaku pembimbing manasik haji sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Nurul Chalik OKU Timur merupakan salah satu bentuk penanaman nilai-nilai keimanan sejak dini.

“Alhamdulillah hari ini LMI bisa melaksanakan manasik haji dan umroh untuk Kabupaten OKU Timur. Dengan terselenggaranya acara ini semoga dapat bermanfaat kedepannya, khususnya kepada anak-anak generasi penerus yang sekarang sedang berada di TK dan RA supaya mereka tahu amalan ibadah apa saja yang harus dilaksanakan,”ucapnya.

Sejalan dengan hal itu
Alni Alriskika selaku Ketua IGTKI Kecamatan Martapura menyambut antusias pelatihan ini karena anak-anak perlu dikenalkan rukun islam yang menjadi dasar bagi setiap orang islam dalam beribadah.

“Hari ini seluruh anggota IGTKI dapat menyelenggarakan pelatihan manasik haji secara serentak untuk anak-anak TK. Kegiatan ini merupakan kerja sama kami dengan LMI dalam memberikan praktik langsung tentang bagaimana proses haji kepada anak-anak sebagai bekal ilmu ketika kelak sudah berkewajiban berhaji,” ujarnya.

Harapan dari program yang terlaksana ini adalah supaya pelaksanaan haji bisa dilaksanakan secara optimal dan khusyuk sekaligus runtut ketika menjalani setiap rukun dan syariatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button