PGRI

............

Kesehatan

Irwan: JKN Kembalikan Harapan Hidup Saya, Pengobatan Tanpa Iuran Biaya

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Cuci darah atau Hemodialisis (HD) menjadi prosedur khusus bagi para pasien Gagal Ginjal. Mereka melakukan prosedur serupa setiap pekan secara rutin. Namun, prosedur ini butuh biaya yang tidak sedikit.

Untuk satu kali menjalani prosedur ini, pasien Gagal Ginjal harus membayar hingga Rp 1.080.000. Biaya itu belum termasuk biaya pasien yang mungkin butuh perawatan di Rumah Sakit. Akan tetapi, kekhawatiran itu sirna bagi para pasien Gagal Ginjal yang menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). BPJS Kesehatan menanggung biaya prosedur cuci darah. Bahkan tidak ada pembatasan frekuensi prosedur HD yang ditanggung pihak BPJS Kesehatan.

Seperti dirasakan Irwan Turisno (46 th) peserta JKN dari segmen Peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang iurannya dibiayai oleh Pemerintah Daerah merasa bersyukur dengan adanya porgram JKN. Laki-laki bapak dari dua orang anak yang sehari-hari bekerja sebagai buruh harian lepas yang tinggal di Kramasan Kertapati Palembang yang divonis harus menjalani HD sejak tahun 2021 silam ketika ditemui tim jamkesnews tengah melakukan pelayanan cuci darah mengungkapkan rasa syukur dan bahagia atas hadirnya program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Alhamdulillah berkat adanya Jaminan Kesehatan Nasional ini saya dapat tenang menjalani pelayanan cuci darah seminggu dua kali sejak dua tahun silam,” ucap Irwan

Menjadi peserta JKN, seluruh biaya prosedur HD yang dijalani Irwan ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Begitu juga sejumlah obat-obatan pendukung saat dirinya menjalani prosedur HD.

Pelayanan RS Palembang Bari juga sangat baik, tidak ada perbedaan pelayanan antara peserta BPJS Kesehatan dengan peserta cuci darah Mandiri. Sehingga selama ini saya bisa melakukan cuci darah dengan tenang tanpa beban apapun.

Lebih lanjut, Irwan mengatakan bahwa Program JKN sanngat membantu, tidak dapat dihitung berapa uang yang harus saya kumpulkan untuk membiayai cuci darah.

“Namun kekahawatiran itu sirna berkat Program JKN, tak pernah sekalipun saya harus membayar, semuanya gratis. Program JKN ini harus terus ada karena memang manfaatnya yang luar biasa,” ujarnya.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah karena kehadiran Program JKN ini sangat bermanfaat bagi kami masyarakat kecil, terima kasih BPJS Kesehatan yang telah melindungi Kesehatan seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button