PGRI

............

holiday angkasa wisata
Pendidikan

LPPKM UPGRIP Sukses Gelar Workshop Pengelolaan Jurnal Berbasis OJS 3

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Guna meningkatkan kompetensi tata kelola jurnal berbasis Open Jurnal System (OJS 3) bagi pengelola jurnal di lingkungan Universitas PGRI Palembang (UPGRIP), maka LPPKM Universitas PGRI Palembang menggelar Workshop Pengelolaan Berbasis OJS 3.

Workshop ini diadakan selama dua hari dan mengahadirkan narasumber Tim RJI Provinsi Sumatera Selatan Iredho Fani Reza, MA.Si selaku Ketua RJI Sumsel, dan staf pengurus RJI Sumsel Siti Rodiah, M.Si dan Catur Eri Gunawan, M.Cs ini dihadiri langsung oleh Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR.

Turut hadir Wakil Rektor I dan II Dr. Yasir Arafat, S.E., M.M., CIQaR., Wakil Rektor III Assoc. Prof Drs. Sukardi, M.Pd., para narasumber, ketua pelaksana sekaligus ketua LPPKM Dr. Rohana, M.Pd., CIQnR., Para Dekan di Lingkungan UPGRIP beserta jajarannya, Para pengelola jurnal di Lingkungan UPGRIP, Tim IT, serta tamu undangan Gedung BSC UPGRIP, Ruang 402 (13-14/9/2022).

(Suasana peserta saat mengikuti kegiatan)

Ketua LPPKM Dr. Rohana, M.Pd., CIQnR dalam laporannnya mengatakan untuk mendukung migrasi aplikasi OJS 2 ke OJS 3, maka dilakukan workshop pengelolaan jurnal berbasis OJS 3 ini bagi pengelola jurnal di lingkungan UPGRIP. Diharapkan dari workshop ini para pengelola jurnal memiliki kompetensi menjalankan aplikasi OJS 3 pada jurnal yang dikelolanya.

Lanjutnya, dalam kegiatan ini, diikuti oleh 59 orang yang terdiri dari 56 orang pengelola jurnal, 3 orang tim IT. Workshop ini bertujuan untuk mensosialisasikan sekaligus memberikan pelatihan kepada masing-masing pengelola jurnal dilingkungan Universitas PGRI Palembang.

“Semoga workshop ini dapat meningkatkan kemampuan pengelola jurnal yang ada di lingkungan Universitas PGRI dalam proses penyuntingan jurnal dan manajemen sistem OJS,” harapnya.

(Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR foto bersama pada acara pembukaan)

Sementara itu, Ketua RJI Sumsel Iredho Fani Reza, MA.Si mengatakan Relawan jurnal Indonesia pengurus daerah Sumatera Selatan telah melihat potensi yang besar di Universitas PGRI Palembang dalam bidang pengelolaan jurnal. Pasalnya, untuk jurnal di Indonesia berlomba-lomba meningkatkan kualitas jurnalnya, dan perlu perhatian khusus dari pengembangan jurnal.

“Dan ini merupakan kolaborasi pimpinan dengan pengelola jurnal, berkolaborasi, dan bersinergi antara pimpinan dan ini merupakan bentuk nyata untuk meningkatkan kualitas jurnal di Universitas PGRI Palembang,” terangnya.

Rektor UPGRIP Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR dalam sambutannya mengatakan bahwa workshop ini bertujuan memperkenalkan pengelolaan jurnal di lingkungan Universitas PGRI Palembang ke arah lebih baik. Ia menegaskan bahwa Universitas PGRI Palembang telah melakukan migrasi dari OJS 2 ke OJS 3. “Beberapa memang sudah mempraktekkan ilmu pengelolaan jurnal pada workshop sebelumnya,” ujarnya.

Ia juga berpesan agar kendala-kendala yang telah dialami bisa didiskusikan pada workshop kali ini. “Semoga tim Relawan Jurnal Indonesia ( RJI) bisa menularkan ilmunya kepada peserta hari ini,” ucap Rektor

Selain itu, ia berharap tim pengelola jurnal Universitas PGRI Palembang bisa bersinergi untuk maju ke depan. Hal ini bukan berarti untuk pengelolaan diri sendiri, melainkan pengelolaan secara komunal di Universitas. “Saya yakin Tim RJI sudah pakar di bidang ini, maka dari itu diharapkan semoga bisa menularkan ilmunya di hari ini,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button