Hukum dan Kriminal

NPCI Sumsel Apresiasi Polres Muaraenim dan Polres OKU Yang Siap Layani SIM Disabilitas

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Pengurus National Paralympic Committe Indonesia (NPCI) Provinsi Sumatera Selatan mengapresiasi langkah Polres Muaraenim dan Polres OKU yang saat ini siap melayani pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) D bagi penyandang disabilitas.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua NPCI Sumsel Ryan Yohwari. Menurut Ryan, banyak penyandang disabilitas yang kini membutuhkan status hukum terutama taat hukum saat berlalu lintas.

“Luar biasa sambutan dari Bapak Kapolres Muaraenim dan Bapak Kapolres OKU saat kami audiensi sekaligus sosialisasi beberapa hari yang lalu. Bahwa mereka menyambut baik dan siap melayani SIM D bagi penyandang disabilitas,” ujarnya, Senin (28/2/2022).

Juara dunia badminton di Madrid ini berharap layanan bagi penyandang disabilitas ini juga diikuti oleh seluruh Polres yang ada di Sumatera Selatan. Karena di setiap Kabupaten/Kota ada penyandang disabilitas. Bagi yang konsen dalam olahraga prestasi, mereka bernaung dan dibina oleh NPCI Kabupaten/Kota masing-masing.

“Dan setelah saya lihat, ternyata layanan kursi roda, akses ancik-ancik atau tangga untuk jalan kursi roda juga sudah ada. Dan kami berharap akses didabilitas ini bukan hanya di instansi Polres tapi juga instansi dinas, kantor baik kantor pemerintah maupun non pemerintah,” jelasnya.

(Ketua NPCI Sumsel bersama Kapolres Muaraenim)

Terpisah, sementara itu Kapolres Muaraenim AKBP Aris Rusdiayanto SIK MSi mengaku menyambut baik kepada para penyandang disabilitas yang akan membuat SIM D. Pihaknya sangat bangga kepada para penyandang disabilitas yang turut aktif dalam taat berlalu lintas.

“Iya kemarin Mas Ryan dari NPCI Sumsel melakukan sosialisasi. Kami sangat apresiasi. Kami himbau kepada para teman-teman disabilitas di Muaraenim yang mau membuat SIM D kami persilahkan dengan membawa kendaraanya. Karena memang dari Pemda kami belum ada kendaraan khusus untuk uji SIM D,” jelasnya.

Terkait akses disabilitas, Aris menyampaikan saat ini di Polres sudah menyiapkan akses disabilitas termasuk kursi roda, toilet disabilitas dan lainnya.

Sementara itu disampaikan Kapolres OKU AKBP Danu Agus Purnomo SIK bahwa di Polres OKU siap melayani SIM D bagi penyandang disabilitas. Begitu juga akses lain terkait layanan bagi penyandang disabilitas telah disiapkan. Hal tersebut dilakukan dalam melayani semua masyarakat OKU yang ingin membutuhkan pelayanan baik SIM maupun layanan hukum lain.

“Terima kasih kepada Pak Ryan dari NPCI Sumsel kemarin telah berkunjunjung dan melakukan sosialisasi. Jadi kami himbau kepada teman-teman disabilitas silahkan jika ingin membuat SIM D. Dengan membawa kendaraan roda tiganya,” ujarnya.

Saat ini lanjut Danu, memang akses disabilitas masih bertahap untuk diwilayah hukum OKU. Terutama di Polsek-Polsek. Mudah-mudahan layanan bagi rekan-rekan disabilitas bisa maksimal diterapkan di semua Polsek secara cepat nantinya. Mulai dari akses kursi roda, toilet ramah disabilitas dan juga tangga ancik-ancik bagi akses kursi roda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button