Pendidikan

Pelatihan Tesis Pascasarjana UPGRIP Maksimalkan Percepatan Mahasiswa Lulus Tepat Waktu 

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Sebagai upaya mendorong mahasiswa strata dua agar menyelesaikan studi tepat waktu, Pogram Pascasarjana Universitas PGRI  Palembang (UPGRIP) menggelar Pelatihan Penulisan Tesis bagi para calon magisternya.

Kali ini pelatihan dilaksanakan selama 4 hari  dari tanggal 25 sd 29 Maret 2022, berpusat di Aula Drs. H.  Aidil Fitri Syah Lantai 5 Gedung Business and Science Center Universitas PGRI Palembang.

Kegiatan ini dibuka resmi oleh Ketua BPH PB PGRI pada Universitas PGRI Palembang Dr. Hj. Meilia Rosani, S.H., M.H. diwakili oleh Sekretaris BPH PB Drs. Surmana, M.M., didampingi oleh  Rektor UPGRI Palembang, Dr. H. Bukman Lian, M.M.,M.Si.,CIQaR.

Rektor Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si CIQaR menegaskan kebijakan pembelajaran di Universitas PGRI Palembang  tidak ada dosen yang membuatkan tugas akhir mahasiswa,  yang ada dosen membimbing dan membantu mahasiswa bagaimana bisa menyelesaikan studi sesuai kemampuan dan batas waktu tanpa melebihinya.

(Suasana Pelatihan Tesis)

Lanjut Rektor, untuk mengantisipasi agar tidak terjadinya plagiat dalam pembuatan tesis atau tugas akhir mahasiswa. Universitas PGRI Palembang memperketat  pengawasan melalui Turnitin untuk menjaga kualitas hasil penelitian mahasiswa. Ditegaskan Bukman, lulusan Universitas PGRI Palembang dipastikan hasil tugas akhir tidak ada yang plagiat. Karena sebelum lulus tugas akhir atau skripsi maupun tesis mahasiswa wajib uji/check turnitin sampai tiga kali dengan persentase kelayakan baru bisa lulus.

“Lulusan Universitas PGRI bisa dipastikan  tidak ada plagiat dan siap mengabdi di masyarakat sesuai kompetensi yang dimiliki,” ujar Bukman.

Di tempat yang sama, Ketua BPH PB Universitas PGRI Palembang yang diwakili oleh Sekretaris, Drs. Surmana, M.M sangat mendukung kegiatan pelatihan tesis ini dalam rangka membantu mahasiswa dalam proses percepatan studi mereka. Selain untuk meningkatkan pengetahuan juga meningkatkan kualitas tulisan atau tesis.

“Kita sangat apresiasi terhadap diselenggarakannya kegiatan ini. Ini bagian dari upaya UPGRI Palembang dalam rangka meningkatkan kualitas lulusannya terutama di jenjang Strata Dua,” ujarnya.

(Ketua Pelaksana  Dr. Mulyadi, M.A)⁰

Ketua Pelaksana  Dr. Mulyadi, M.A dalam laporannya mengatakan setiap mahasiswa Program Pascasarjana (PPs) UPGRI Palembang harus mampu merancang, menyusun, melaksanakan, dan melaporkan penelitian tesis. “Tesis adalah karya tulis ilmiah resmi seorang mahasiswa dalam menyelesaikan  Program Magister (S2). Sebagai karya ilmiah, tesis ditulis berdasarkan kaidah-kaidah ilmiah menggunakan  metode penelitian tertentu,” ujarnya.

Lanjutnya, bahwa tesis merupakan bukti kemampuan mahasiswa dalam penelitian dan pengembangan ilmu pada salah satu bidang keilmuan dalam ilmu pendidikan. Itu sebabnya kita gelar pelatihan ini dengan tujuan  untuk memberikan  wawasan yang komprehensif kepada mahasiswa peserta pelatihan untuk menyusun tesis dengan baik sesuai dengan program studi masing-masing.

Adapun peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 259 peserta dari Provinsi Sumatera Selatan dan Bangka Belitung yang merupakan mahasiswa S2 semester 1 dan semester 2. Narasumber pelatihan adalah dosen dari Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang sebanyak 8 orang yaitu Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR, Assoc. Prof. Dr. Dessy Wardiah,. M.Pd., CIQaR, Dr. Andi Rahman,. M.Pd., Dr. Edi Harapan.,M.Pd., Dr.Tahrun., M.Pd., Dr. Happy Fitria., M.Pd., CIQnR., Dr. Nur Ahyani, M.Pd., CIQnR, dan Dr. Mgs. Firdaus, M.Pd.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button