PGRI

............

holiday angkasa wisata
Sumsel

Peparpeprov I Sumsel Resmi Digelar, Gubernur Instruksikan Satker Kabupaten/Kota Beri Perhatian Khusus ke NPCI

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Ajang Pekan Paralympic Pelajar Provinsi (Peparpeprov) ke-1 Sumsel 2022 resmi digelar pada 26-28 September 2022 di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang.

Pesta olahraga pelajar disabilitas terbesar Sumsel tersebut dibuka oleh Gubernur Sumsel H. Herman Deru dan ditutup oleh Kepala Dinas Pendidikan Sumsel H. Riza Fahlevi.

Sebagaimana diketahui, kepedulian Gubernur Sumsel H. Herman Deru pada para penyandang disabilitas memang tak perlu lagi diragukan. Tak hanya mensupport dalam hal anggaran, Ia juga begitu perhatian pada berbagai pengembangan organisasi yang mewadahi para disabilitas.

Seperti baru-baru ini, Ia menginstruksikan agar semua satuan kerja di kab/kota di Sumsel, memberi perhatian khusus pada National Paralympic Commitee Indonesia (NPCI) atau Komite Paralimpiade Nasional Indonesia di daerah. Instruksi tersebut disampaikannya saat membuka acara Opening Ceremony Pekan Paralympic Pelajar Provinsi ke-I, NPCI Sumsel 26-28 September, GOR Dempo Jakabaring, Senin (26/9/2022) siang.

“Untuk itu Saya instruksikan satker kabupaten/kota agar memberikan perhatian khusus pada NPCI dan bukan anggap NPCI ini ada kekurangan,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu Ia juga mendorong bup/wako menginventarisir dan mendata putra putri dan para siswa disabilitas di berbagai sekolah yang berbakat di bidang olahraga.

Lebih jauh Ia juga mengingatkan agar semua pihak serius mengembangkan bibit-bibit atlet disabilitas di Sumsel. Bukan hanya soal pendanaan tapi juga menyangkut soal moril terhadap prestasi yang di raih.

Dalam kesempatan itu Gubernur Sumsel H. Herman Deru juga berkesempatan menyerahkan penghargan kepada insan pemerhati olahraga disabilitas masing-masing kepada mantan Kepala Dispora Sumswl Ahmad Yusuf, mantan kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel Dra. Lesty Nurainy, Kadisdik Provinsi Sumsel Riza Paflevi dan Kapolda Sumsel diwakili Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Mokhamad Ngajib.

Sementara itu dikatakan Ketua NPCI Sumsel Rian Yohwari mengatakan bahwa ajang Peparpeprov ini merupakan kompetisi dalam rangka melakukan seleksi dilevel pelajar. Karena pada 2023 mendatang, akan ada ajang Pekan Paralympic Pelajar Nasional (Peparpenas) sehingga ini dalam rangka menjaring atlet top Sumsel diusia pelajar.

“Pada momen ini, kami juga memberikan penghargaan kepada empat pemerhati disabilitas yang kami menilai telah banyak membantu. Mulai dari Kapolda Sumsel, Mantan Kadinkes Sumsel, Mantan Kadispora Sumsel dan Kadisdik Sumsel,” urainya.

Apalagi, mulai tahun depan anak-anak disabilitas usia pelajar bisa bersekolah swcara gratis melalui kuota yang disiapkan oleh Pemerintah melalui Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (SONS) Sumatera Selatan.

Ketua Pelaksana Peparpeprov I Sumsel Dr. Muslimin, M.Pd mengatakan bahwa acara ini digelar pada 26-28 September 2022 dengan diikuti oleh 143 atlet dari 15 kabupaten/kota di Sumsel.

Peparperov I Sumsel ini menghasilkan juara umum adalah kontingen Muba dengan torehan 11 emas kemudian juara 2 Lubuklinggau dengan 7 emas dan tiga besar diraih kontingen Ogan Ilir dengan 6 emas.

“Tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada semua panitia yang telah membantu menyukseskan acara ini sehingga berjalan dengan lancar,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button