PGRI

............

holiday angkasa wisata
Profil

Perjuangan Raden Aryansyah, Siswa SD Islam Az Zahrah, Hafiz 8 Juz Hingga Raih Umroh Gratis

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Raden Aryansyah Hidayatullah merupakan satu dari sekian banyak siswa SD Islam Az Zahrah Palembang.

Komitmen, kesabaran dan niat mulianya mengantarkan Arya meraih hafalan hingga 8 Juz Al Quran, diusia yang relatif anak-anak dibanding teman-temannya.

Akselerasi yang Ia capai membuat teman-teman hingga lingkungan sekolah cukup bangga. Apalagi, perjuangannya pun sejak ia masih kecil. Usia yang boleh jadi banyak anak-anak yang masih suka bermain dan tak jauh dari gadget, berbeda dengan aktivitas harianya.

Bahkan, Ia sempat mendapat program umroh gratis dari sekolahnya lantaran Ia berhasil meraih capaian tertinggi diantara teman-temannya di program hafalan Al Quran. Dan baru-baru ini, Ia juga diberikan penghargaan lewat Az Zahrah Award yang digagas oleh SD Islam Az Zahrah Palembang di tahun 2021.

Bahkan, sejak usia tiga tahun bocah yang akrab dipanggil Arya ini sudah mulai mengaji dengan didampingi kedua orang tuanya RA Sofyan Hidayatullah dan Rita Oktarina.

Dua tahun kemudian ia mulai mencoba menghafal. Dan setelah berjalan tiga tahun ia pun telah menghafal 8 juz.

“Pengen jadi ustaz, biar ngajak semua jadi orang baik,” tutur Arya didampingi Ibu Kandungnya Rita Oktarina, Minggu (11/7/2021)

Harus diakui Arya memang tak semudah yang dibayangkan orang untuk menghafal. Banyak tips yang ia ceritakan bila seusianya atau seorang pemula ingin menghafal Al Quran.

Dalam sehari minimal harus dibaca 10 kali dan bisa lebih dari ayat atau pun Surat yang akan dihafal. 10 kali membaca itu kemudian diulang saat lima waktu sholat dalam sehari.

Sedangkan untuk setoran atau hafalan yang ia setor ke ibunya biasanya sampai tiga kali. Bisa setelah waktu subuh, sebelum dzuhur dan setelah maghrib. Begitu terus berulang-ulang.

“Tapi yang sulit itu menjaga, makanya kalau sudah hafal dijaga hafalannya. Bisa saat sebelum dan sesudah sholat atau saat nyantai,” tutur pria kelahiran 28 November 2012 ini.

Selain setoran hafalan di rumah, ia juga ikut program hafalan di Sekolah Islam Az Zahrah Palembang. Bahkan, Arya sempat menjadi hafiz terbaik di sekolahnya dan mendapat hadiah umrah.

Sementara itu dikatakan Rita Oktarina selaku ibunya bahwa memang butuh banyak perjuangan bagi orang tua yang anaknya ingin menghafal Al Quran.

Menurutnya, hal awal yang perlu dilakukan adalah pengenalan terlebih dahulu. Saat bayi atau mulai usia satu tahun didengarkan suara murotal. Kemudian diusia tiga tahun mulai diajarkan mengaji.

Dan hal tersebut jangan sampai memaksa akan tetapi diusahakan karena keinginan dan semangatnya. Dan memang diusia anak-anak banyak tantangannya kadang menurun semangatnya.

“Dan buat anak-anak senang. Misalnya kita kasih hadiah saat pencapaian,” terangnya.

Sementara itu dikatakan Kepala SD Islam Az Zahrah Palembang H Achmad Fahruddin LC bahwa Arya merupakan salah satu siswa berprestasi di sekolahnya. Ia masuk diantara 21 siswa yang beberapa hari lalu mendapat penghargaan dari Program Az Zahrah Award 2021.

“Dan sebelumnya Arya mendapat program umrah gratis dari sekolah karena berhasil memperoleh capaian tertinggi dalam hafiz Quran di sekolah,” jelasnya.

Pihak sekolah berharap prestasi Arya menjadi motivasi bagi teman-temannya untuk mampu menghafal Al Quran sebagaimana dilakukan oleh Arya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Check Also
Close
Back to top button