Pendidikan

Prodi KPI UIN Raden Fatah Dorong Mahasiswa Selesai Tepat Waktu

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang mendorong mahasiswanya agar selesai tepat waktu dalam meraih gelar sarjananya.

Berangkat dari hal tersebut, mengakhiri bulan September 2021 lalu Prodi KPI menyelenggarakan Seminar Proposal (Sempro) merupakan salah satu syarat kelulusan mahasiswa yang dilaksanakan untuk menguji kemampuan mahasiswa dalam pemahaman akademik penulisan tugas akhir.

Neni Noviza, M.Pd selaku Kaprodi KPI didampingi Muhammad Randicha Hamandia, M.Sos selaku Sekprodi KPI mengatakan bahwa prodi KPI memiliki akreditasi A yang diharapkan mampu meluluskan para sarjana berkualitas termasuk mampu menyelesaikan studi tepat pada waktunya.

“Selain itu, kami tidak mau asal saja menerima mahasiswa yang mau Sempro. Meskipun kami pun merasa senang ketika 94 mahasiswa kami bisa seminar proposal dalam 1 bulan, yang mana biasanya dalam 1 bulan kisaran 10-12 mahasiswa yang melaksanakan sempro tapi ini diluar ekspektasi,” ujarnya, Minggu (3/10/2021).

Ia menambahkan, proses menuju Sempro pun dilakukan tahapan-tahapan verifikasi dengan sangat serius. Termasuk juga mahasiswa diberikan motivasi pengaplikasian ilmu yang didapat selama ini.

Pihaknya berharap bahwa di 2021 menjelang 2022 Prodi KPI haruslah bisa lebih meroket lagi dalam hal pencapaian-pencapaian prestasi dan lain sebagainya sesuai slogan yang sering didengungkan di fakultas dakwah yakni “Dakwah Meroket”.

“Karena dengan semakin semangat untuk mencapai sesuatu hal yang lebih baik lagi untuk prodi maka ini akan menjadi nilai plus bagi kami semua terkhusus lembaga tercinta Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang,” harapnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang Dr. Achmad Syarifuddin, MA mengatakan bahwa ini merupakan pencapaian yang fantastis, karena seperti diketahui bahwa untuk melaksanakan seminar proposal bukanlah suatu hal yang sembarangan, apalagi sampai 94 mahasiswa diujikan dalam 1 bulan.

“1 Bulan saja sudah melaksanakan sempro 94 mahasiswa, ditambah kedepan KPI akan mengadakan webinar series sampai akhir semester ganjil, saya rasa patut diacungi jempol, sungguh keaktifan yang luar biasa, saya sangat apresiasi,” ungkapnya.

Lanjutnya, Syarif mengatakan bahwa ini adalah sebuah prestasi yang sangat baik mengacu pada penyelesaian studi tepat waktu. Lagi pula, mahasiswa dipacu agar segera menyelesaikan tugas akhir nya adalah dengan ujian seminar proposal skripsi. Selanjutnya, proses perbaikan-perbaikan dari penguji sempro dan pembimbing tugas akhir akan menambah kelayakan skripsi yang diselesaikan oleh mahasiswa.

Keseriusan para mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhirnya akan menambah deretan percepatan/ketepatan dalam penyelesaian studi sehingga dalam waktu 8 semester mereka sudah selesai menjadi Sarjana.

“Dan ini akan menambah poin akreditasi terutama dalam ketepatan penyelesaian studi di fakultas dakwah dan Komunikasi. Tentunya, penyelesaian studi tepat waktu bukan berarti asal selesai, namun melalui proses verifikasi, pembimbingan oleh Dosen dan checking plagiarism melalui program studi dapat memastikan bahwa penyelesaian studi tepat waktu tetap mengacu pada standar dan ketentuan yang ditetapkan,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button