PGRI

............

Sumsel

Sinergi dengan Pemprov Sumsel, BPJS Kesehatan Tingkatkan Kualitas Layanan JKN

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan berkomitmen mendukung pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Dukungan tersebut diwujudkan dengan mendaftarkan masyarakatnya sebagai peserta JKN.

Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan, S.A Supriono dalam rapat audiensi bersama dengan Deputi Direksi BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah III Yudi Bastia, Selasa (21/02/2023).

“Program JKN ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mendukung pelaksanaan Program JKN-KIS,” ujar Supriono.

“Dalam upaya mencapai UHC di Provinsi Sumatera Selatan, kami juga akan meminta perusahaan-perusahaan di wilayah Sumatera Selatan untuk turut serta membantu mendaftarkan masyarakat dalam Program JKN selain itu kegiatan sosialisasi Program JKN ke masyarakat dan Badan Usaha hendaknya ditingkatkan dengan melibatkan instansi terkait seperti Dinas Kesehatan dan Dinas Ketenagakerjaan, jelas Supriono.

Dikesempatan yang sama Deputi Direksi Wilayah III BPJS Kesehatan Yudi Bastia menyampaikan apresiasi penuh atas dukungan yang telah diberikan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan yang terus mendukung penyelenggaraan Program JKN.

Saat ini, jumlah kepesertaan JKN di Provinsi Sumatera Selatan Per 1 Februari 2023 telah mencapai 90.03% atau sekitar 7.784.465 jiwa dari total penduduk Provinsi Sumatera Selatan yang berasal dari berbagai segmen termasuk penduduk yang didaftarkan oleh Pemerintah Daerah melalui integrasi Jamkesda. Tercatat 9 Kota/ Kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan telah menyandang predikat Cakupan Semesta (Universal Health Coverage),” jelas Yudi.

“Terima kasih juga kami ucapkan atas partisipasi Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan baik melalui kabupaten atau kota yang telah mendaftarkan warganya menjadi peserta yang dibiayai oleh APBD,” kata Yudi.

Lebih lanjut Yudi mengharapkan dukungan dari seluruh stakeholders agar semua penduduk di wilayah Provinsi Sumatera Selatan bisa mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa khawatir terkait pembiayaan pelayanan kesehatan.

Dukungan dan peran serta Pemerintah Daerah sangatlah menentukan dalam memaksimalkan program JKN. Kedepan kami akan meningkatkan mutu layanan Program JKN melalui kolaborasi dengan stakeholder terkait untuk terus melakukan perbaikan pelayanan baik pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama sampai di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut,” tutup Yudi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button