Ekobis

Tak Hanya Migor, Harga Cabe Hingga Bawang Putih Merangkak Naik, Wagub Himbau Masyarakat Tanam Sendiri

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Fenomena kenaikan harga minyak goreng (Migor) tampaknya disusul bahan pokok lainnya seperti cabe, bawang putih dan bahan pokok lainnya. Berangkat dari hal tersebut Wakil Gubernur Sumsel H. Mawardi Yahya mengajak masyarakat bijak dalam berbelanja.

Hal tersebut disampaikan Mawardi Yahya pada acara pelaksanaan High Level Meeting dan Capacity Building Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) se – Sumsel di Ballroom Hotel The Zuri, Palembang yang dihadiri sejumlah OPD, Rabu (30/3/2022).

Mawardi menekankan kepada ibu-ibu agar tidak panik buying dengan memborong misalnya minyak goreng karena takut terjadi kelangkaan. “Kadang prilaku masyarakat ini mohon maaf ya, tinggal di kebun, tapi masih beli. Coba ambil kaleng cat kemudian kasih tanah dan tanam beberapa tanaman,” himbaunya.

Pihaknya juga mengajak Bank Indonesia Wilayah Sumsel dan OPD terkait untuk terus melakukan edukasi dan pemahaman masyarakat untuk bijak, bukan tidak boleh membeli banyak tapi membeli seperlunya. “Kalau beras tidak ragu, karena lumbung. Tapi kita dorong terus,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumsel Erwin Soeriadimadja mengatakan menjelang bulan suci Ramadhan sejumlah sejumlah bahan baku mulai merangkak naik.

Dalam kesempatan tersebut, Perwakilan Bank Indonesia Sumsel terus berupaya menekan inflasi dengan melakukan sinergi kebijakan dalam rangka menjaga stabilitas harga bahan pokok. Tak hanya itu, Perwakilan Bank Indonesia Sumsel telah melakukan berbagai langkah strategis.

“Dan bank Indonesia memproyeksi pertumbuhan ekonomi Sumatera Selatan pada triwulan I tahun 2022 berlanjut untuk tumbuh positif serta optimisme karena didukung sejumlah faktor. Termasuk realisasi vaksinasi Covid-19,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button