PGRI

............

holiday angkasa wisata
Pendidikan

Terapkan Kurikulum Merdeka Belajar, UPGRIP Bekali Mahasiswa PGSD Pendidikan Karakter 

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Sebagai bentuk penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila, Program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendibud), Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) menggelar Kuliah Umum lewat aplikasi Zoom dan live streaming.

Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR., didampingi Dekan FKIP Universitas PGRI Palembang Assoc. Prof. Dr. Dessy Wardiah, M.Pd. Wakil Dekan I, Pathricia HM Lubis, P.hD. Wakil Dekan III, Dr. Muhammad Idris, M.Pd mengatakan, Kuliah umum ini merupakan agenda tahunan dari Program Studi PGSD, dengan memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar.

“Kita ingin membekali mahasiswa sebagai calon pendidik dalam melaksanakan pengembangan Pendidikan Karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila,”ujarnya usai membuka kuliah umum yang dilaksanakan secara virtual melalui zoom meeting dan live streaming Youtube di Gedung BSC Ruang 406.

Dalam kesempatan ini, pihaknya menghadirkan narasumber dari instansi Direktorat Guru Pendidikan Dasar yaitu Dr. Nita Isaeni, S.IP., M.Pd sebagai Sub.Koordinator Pokja Transformasi Pembelajaran Bidang Literal dan Numerasi GTK Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

“Mahasiswa yang ikut kuliah umum ini diharapkan mampu menyerap dan menggali informasi dan ilmu seputar kurikulum Merdeka Belajar yang nantinya bisa diterapkan saat mereka lulus,” kata Bukman, saat ditemui usai membuka acara di Gedung BSC Ruang 406 Universitas PGRI Palembang.

(Suasana Kuliah Umum lewat aplikasi Zoom dan live streaming)

Sementara Ketua Program Studi PGSD Arief Kuswidyanarko, M.Pd. didampingi oleh  Ketua panitia sekaligus Kepala Laboratorium PGSD Aldora Pratama, M.Pd., dan Wakil Ketua Panitia Treny Hera,S Pd., M.Sn., mengatakan, kuliah umum PGSD di 2022 tetap dilaksanakan secara daring yang diikuti mahasiswa khusus semester 2, dan 4. “Ternyata pesertanya tidak hanya 2 dan 4 tapi juga diikuti semester 6 dan 8 karena ini kami nilai sangat penting, dalam menyerapan ilmu merdeka belajar ini,” jelasnya.

Mahasiswa ini nantinya terjun kemasyarakat dengan membawa kurikulum baru yakni, merdeka belajar mewajibkab siswa memilih mata pelajaran yang di kaitkan dengan cita-cita pelajar Pancasila. “Kami ambil tema ini guna membuka wawasan mahasiswa dalam implementaai penerapan kurikulum merdeka di Sekolah Dasar,” sambungnya lagi

Katanya, kurikulum ini mewajibkan siswa untuk bisa memilih mata pelajaran bukan hanya yang sudah diberikan oleh sekolah tapi juga dikaitkan dengan cita-cita dari pemerintah yaitu, profil Pancasila jadi telah di Launching pada Februari lalu.

“Pemerintah dengan meluncurkan sebelumnya dan kemudian PGSD didukung FKIP beserta Universitas dengan respon cepat melaksanakan kuliah umum ini,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button