PGRI

............

Pendidikan

Tingkatkan Mental Health Siswa SMAN 8 Palembang, Dosen UPGRIP Beri Pelatihan Hypnotherapy

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Kesehatan mental sangat penting bagi kehidupan. Kesehatan mental yang baik dapat menjadikan kehidupan bermasyarakat menjadi lebih baik dengan begitu kesehatan mental yang buruk perlu ditingkatkan dengan salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan teknik relaksasi. Teknik relaksasi merupakan teknik didalam Bimbingan Konseling yang yang dapat membantu merelaksasikan diri seseorang yang bisa mengurangi tingkat stres pada manusia.

Teknik relaksasi salah satu bentuk terapi yang berupa pemberian instruksi kepada seseorang untuk menutup mata dan berkonsentrasi pada pernafasan sehingga akan tercipta keadaan yang nyaman dan tenang, serta memberikan instruksi berupa gerakan-gerakan mulai dari kepala sampai kaki yang tersusun secara sistematis untuk melatih otot menjadi rileks. Apalagi bagi siswa yang sedang mengenyam pendidikan yang membutuhkan mental health dalam menguatkan proses belajar di sekolah.

Berangkat dari hal tersebut, Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dari Dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Bimbingan Konseling FKIP Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) menggelar Pelatihan Hypnotherapy Dalam Meningkatkan Mental Health di SMAN 8 Palembang.

PkM ini diketuai oleh Endang Surtiyoni, M. Pd dengan anggotanya Arizona, M.Pd, Nurlela, M.Pd, Syska Purnamasari, M.Pd, Erfan Ramadhani M.Pd.,Kons, Ramtia Darma Putri, M.Pd.,Kons, Dr. Taty Fauzi, M.Pd, dan Dr. Evia Darmawani, M.Pd, serta dibantu oleh 2 Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bimbingan Konseling.

Pada kesempatan tersebut, para Dosen menyampaikan materi mulai dari Dr. Evia Darmawani, M.Pd.kons dengan materi berjudul Penanganan Kesehatan Mental, Dr. Taty Fauzi , M.Pd. dengan materi berjudul Mental Health, Endang Surtiyoni, M. Pd dengan materi Dimensi Sosial Budaya Kesehatan Mental, Syska Purnamasari, M.Pd dengan materi Dimensi Lingkungan Kesehatan Mental sedangkan Nurlela, M.Pd dengan materi Ruang Lingkup Kesehatan Mental.

(Foto bersama)

Ketua PkM Endang Surtiyoni, M. Pd mengungkapkan Pelatihan Hypnotherapy di SMAN 8 Palembang ini bertujuan bagaimana pengaruh teknik relaksasi berbasis hypnosis dalam meningkatkan mental health siswa.

“Tak hanya itu, melalui pelatihan ini dapat mengetahui pengaruh konseling kelompok teknik relaksasi berbasis hypnosis dalam meningkatkan mental health siswa, dan dapat meningkatkan pengetahuannya mengenai mental health bagi masyarakat dan bagi tim kami sendiri sebagai pengalaman yang berharga dalam upaya meningkatkan kemampuan peneliti dalam mengembangkan ilmu konseling kelompok teknik relaksasi berbasis hypnosis,” ujarnya.

Ditempat yang sama Kepala SMA Negeri 8 Palembang Hj. Mariyati, M.Pd. mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada tim Dosen Program Studi Pendidikan Bimbingan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UPGRIP yang telah berbagi ilmu kepada siswa-siswinya. “Semoga melalui pelatihan ini dapat bermanfaat bagi guru – guru dan teristimewa bagi siswa-siswi kami. Dan melaui pelatihan ini dapat meningkatkan mentah sehat atau health kita semua,” harapnya.

Ketua PkM Endang Surtiyoni, M. Pd dihadapan peserta pelatihan bersosialisasi tentang Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) menyampaikan informasi bahwa di tahun ini Universitas PGRI Palembang telah membuka 3 Program Studi S1 yaitu Pendidikan Vokasi Teknologi Otomotif FKIP (S1), Bisnis Digital Fakultas Ekonomi dan Bisnis (S1) dan Sains Lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi (S1). Dan yang terbaru adalah telah dibukanya Magister Pendidikan Jasmani (S2).

“Khusus Prodi Pendidikan Fisika FKIP, Prodi Fisika Fakultas Sains dan Teknologi serta Prodi Budi Daya Ikan Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas PGRI Palembang memberikan beasiswa terbatas dan juga tersedianya beasiswa KIP untuk semua Program Studi,” jelasnya.

Selain itu, bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran. Apabila orang tua siswa adalah guru, anggota PGRI maka akan mendapatkan diskon uang kuliah sampai 50%.

Ditambahkan Endang, bahwa bagi guru-guru yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan Strata Dua (S2) yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan diskon UKM sampai 25% serta bebas uang pendaftaran.

Dijenjang S-2, Universitas PGRI Palembang memiliki empat Prodi unggulan yakni Magister Manajemen Pendidikan, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, dan Magister Pendidikan Bahasa Indonesia dan yang terbaru dibuka Pendidikan Jasmani , dan sebagai Cyber University, Universitas PGRI Palembang telah menerapkan teknologi dalam perkuliahan yakni dengan menggunakan Sisfo.

“Dan berbagai terobosan, kemudahan dan diskon tersebut merupakan kebijakan bersama Ketua PGRI Provinsi Sumsel Bapak H Ahmad Zulinto, SPd, MM, Ketua BPH PB PGRI pada Universitas PGRI Palembang Ibu Dr. Hj. Meilia Rosani, SH, M.H, dan Rektor Universitas PGRI Palembang Bapak Dr. H Bukman Lian, MM, MSi., CIQaR,” terangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button