Pendidikan

Tumbuhkan UMKM Melalui Peran Media Sosial, Universitas PGRI Palembang Gelar Pengabdian Masyarakat di SMAN 7 Prabumulih

//Universitas PGRI Palembang Gelar MoA dan IA dengan SMAN 7 Prabumulih//

 

SumselMedia.Com, Prabumulih-

Pesatnya perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) diharapkan mampu menjadi solusi kemudahan dalam segala hal.

Salah satunya adalah sektor ekonomi. Melalui IPTEK, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mampu mempercepat pemasaran, seperti dengan menggunakan media sosial.

Berangkat dari hal tersebut, Universitas PGRI Palembang dari Program Studi
Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis melakukan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dengan tema “Pemanfaatan Media Sosial Dalam Menumbuhkan UMKM” di SMA Negeri 7 Prabumulih, Selasa (15/6/2021).

Kegiatan PkM ini diketuai oleh Erdiansyah, S.E., M.Si., dengan anggota Ninin Non Ayu Salmah, S.E., M.M., Muhammad Kurniawan, S.E., M.M., Hj. Maliah, S.E., M.Si., Nisa’ Ulul Mafra, SE., M.Si., Benny Usman, S.E., M.M., Sundari, S.E., M.M., dan Agusmulyani, SE., M.M., serta dibantu oleh tiga mahasiswa yakni Indah Septiana, Ismanur Bestari dan Afrizalika.

Dalam sambutannya, Ketua Pelaksana PkM Erdiansyah, S.E., M.Si., mengatakan  PkM merupakan program rutin sekali dalam setiap semester sebagai komitmen dosen menjalankan amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dan dalam rangka merealisasikan program kerja Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Palembang dalam mengembangkan profesionalisme dosen melalui Pengabdian Kepada Masyarakat.

“Selain itu kami berharap melalui PkM ini, apa yang kami sampaikan tentang pemanfaatan media sosial dalam menumbuhkan UMKM mampu menjadi ilmu dan wawasan baru bagi para guru dan siswa di SMA Negeri 7 Prabumulih,” harapnya.

(Proses penandatanganan MoA dan IA yang dilakukan oleh Rektor Plt. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas PGRI Palembang  Edduar Hendri, SE., M.M., dengan Kepala SMA Negeri 7 Kota Prabumulih)

Kegiatan PkM ini juga diikuti  dengan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) dan Implementation Agreement (IA) sebagai kelanjutan Memorandum of Understanding (MoU) yang telah dilakukan oleh Universitas PGRI Palembang dan SMA Negeri 7 Prabumulih sebelumnya.

Naskah MoA ditandatangani oleh Plt. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Palembang  Edduar Hendri, SE., M.M., dengan  Kepala SMA Negeri 7 Prabumulih Leonardi Jaye Putra, M.Pd.

Sedangkan naskah IA ditandatangani oleh Ketua Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Palembang Rismansyah, S.E., M.Si dengan Kepala SMA Negeri 7 Prabumulih Leonardi Jaye Putra, M.Pd.

Dalam sambutannya, Plt. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Palembang  Edduar Hendri, SE., M.M., menyampaikan bahwa dengan ditandatanganinya MoU pada beberapa waktu yang lalu, keluarga SMA Negeri 7 Prabumulih  sudah menjadi bagian dari Universitas PGRI Palembang.

(Foto bersama Tim PkM Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas PGRI Palembang dengan Kepala SMAN 7 Prabumulih pada acara pembukaan)

“Kami siap membantu siswa dan guru, dalam bidang pendidikan, penelitian  dan pengabdian,” ujar Edduar.

Lanjutnya, bahwa ditahun ini Universitas PGRI Palembang juga telah membuka 3 program studi baru yaitu Pendidikan Vokasi Teknologi Otomotif FKIP (S1), Bisnis Digital Fakultas Ekonomi dan Bisnis (S1) dan Sains Lingkungan Fakultas Saintek (S1). Dan Universitas PGRI Palembang memberikan beasiswa bagi guru dan anak guru, berupa diskon biaya kuliah baik S1 dan S2.

“Khusus Program Studi Pendidikan Fisika FKIP, Prodi Fisika Fakultas Sains dan Teknologi dan Budidaya Ikan Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas PGRI Palembang memberikan kuota kuliah gratis. Juga tersedia beasiswa KIP untuk semua Program Studi,” jelasnya.

(Suasana peserta yang menerima materi secara daring dari Tim PkM Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas PGRI Palembang)

Selain itu, bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran. Apalagi orang tua siswa adalah guru, anggota PGRI maka akan mendapatkan diskon uang kuliah sampai 50 persen.

Ditambahkan Edduar, bahwa bagi guru-guru yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan Strata Dua (S2) yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan diskon SPP sampai 25 persen serta bebas uang pendaftaran.

Dijenjang S-2, Universitas PGRI Palembang juga memiliki tiga prodi unggulan yakni Magister Manajemen Pendidikan, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, dan Magister Pendidikan Bahasa Indonesia. Dan sebagai Cyber University, Universitas PGRI Palembang telah menerapkan teknologi dalam perkuliahan yakni dengan menggunakan sisfo.

“Dan berbagai terobosan, kemudahan dan diskon tersebut merupakan kebijakan bersama Ketua PGRI Provinsi Sumsel Bapak H Ahmad Zulinto, SPd, MM, Ketua YPLP-PT PGRI Provinsi Sumsel, Ibu Dr Hj Meilia Rosani, SH, MH, dan Rektor Universitas PGRI Palembang Bapak Dr H Bukman Lian, MM, MSi., CIQaR,” terangnya.

(Foto bersama Tim PkM Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas PGRI Palembang Erdiansyah, S.E., M.Si.,  Ninin Non Ayu Salmah, S.E., M.M., Muhammad Kurniawan, S.E., M.M., Hj. Maliah, S.E., M.Si., Nisa’ Ulul Mafra, SE., M.Si., Benny Usman, S.E., M.M., Sundari, S.E., M.M., dan Agusmulyani, SE., M.M., dan tiga mahasiswa yakni Indah Septiana, Ismanur Bestari dan Afrizalika)

Sementara itu dikatakan Kepala SMA Negeri 7 Prabumulih Leonardi Jaye Putra, M.Pd., mengucapkan terima kasih kepada Universitas PGRI Palembang yang telah memilih SMA Negeri 7 Prabumulih sebagai tempat pelaksanaan PkM.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Universitas PGRI Palembang yang telah mengunjungi kami dalam rangka pelaksanaan PkM. Hal ini semoga dapat membantu para siswi  kami dalam meningkatkan mutu SDM terutama dalam Pemanfaatan Media Sosial Dalam Menumbuhkan UMKM Di Masa Covid 19,” pungkasnya. (ADV)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button