PGRI

............

holiday angkasa wisata
Pendidikan

Universitas PGRI Palembang Sukses Menjadi Tuan Rumah Rakornas Ke-5 Seminar Nasional IKAPROBSI 2022

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Universitas PGRI Palembang dengan motto “Melaju Dengan Mutu” terus berupaya melakukan berbagai terobosan, salah satunya dengan menjadi Tuan Rumah penyelenggaraan Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS) ke-5 dan Seminar Nasional (Semnas) Ikatan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (IKAPROBSI) yang mengusung tema “Pengembangan Manajemen Dan Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Era Masyarakat 5.0, kegiatan ini merupakan salah satu wahana silaturrahmi akademik bagi seluruh program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia di seluruh Indonesia. (24-26/8/22).

Acara yang diselenggarakan dilaksanakan secara daring via zoom dan luring di hotel Beston dari tanggal 24-26 Agustus 2022, Dihadiri secara virtual oleh Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim,B.A., M.B.A.yang diwakili oleh Plt. Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaa Dr. Ir. Sri Gunani Partiwi, M.T., dan dihadiri pula secara langsung oleh ketua Ikaprobsi Prof.Dr. Endry Boeriswati,M.Pd., Ketua Dewan pengawas Pembina IKAPROBSI Prof. Dr. Suherli,, M.Pd.,wakili oleh Suansi, M.Pd., ketua BPLP PGRI Prof. Dr. Supardi, M.Pd., para narasumber Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian., M.M., M.Si., Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd., Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd., Dr. Suhartono, M.Pd., Dr. Rohmadi, M.Pd., Mftahul Khaerah Anwar, M.Pd., para Wakil Rektor I, II dan III Universitas PGRI Palembng, ketua pelaksana Ikaprobsi sekaligus Dekan FKIP Universitas PGRI Palembang Assoc.Prof., Dr., Dessy Wardiah, M.Pd., CIQaR., dan para Peserta IKAPROBSI 2022, serta tamu undangan lainnya.

(Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian., M.M., M.Si saat memberi kata sambutan)

Assoc. Prof . Dr. Dessy Wardiah, MPd, CIQaR saat diwawancarai disela-sela acara, mengatakan bahwa kegiatan Rakornas ke 5 IKAPROBSI ini mengagendakan beberapa kegiatan diantaranya adalah dilaksanakannya Sosialisasi Capaian Pembelajaran (CPL) dan Standar Nasional (SN) Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia untuk Program S.1, S.2, dan S.3 yang sangat bermanfaat sebagai acuan penyusunan kuruikulum, pengelolaan program studi, dan pelaksanaan tridharma perguruan tinggi. Selain dilaksanakannya sosialisasi, IKAPROBSI juga memfasilitasi terlaksananya MoU antar perguruan tinggi, PKS antar Fakultas dan IA antar Program studi mengingat terkumpulnya para ketua program studi Pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, dekan/ direktur Dari berbagai PTN dan PTS seluruh Indonesia pada saat acara, sehingga dengan terciptanya kerjasama ini dapat menunjang program MBKM (Merdeka Belajar kampus Merdeka) dan pencapaian IKU perguruan tinggi.
Prof. Dr. Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd., selaku Ketua Umum IKAPROBSI juga menyampaikan bahwa dalam Rakornas ke-5 ini Pengurus IKAPROBSI menyampaikan laporan hasil Kerja dan juga perumusan Program Kerja ke depan, salah satunya adalah membentuk tim khusus guna menyiapkan Munas IKAPROBSI yang direncanakan akan dilaksanakan Pada Bulan Desember 2022 di Kota Cirebon. Dan untuk menjalin silaturrahmi akademik maka selain Rakornas ke-5, IKAPROBSI juga menyelenggarakan Seminar Nasional dengan Nara sumber yang berasal dari 4 Provinsi dan para pemakalah pendamping dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Beliau juga berharap dengan telah tersosialisasikannya dan diberikannya Naskah CPL dan SN Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia pada semua peserta dapat membantu semua Prodi dalam penyusunan kurikulum.

(Foto bersama)

Sementara Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr. H. Bukman Lian, M.M.,M.Si.,CIQaR. Menyambut positif kegiatan ini, karena dalam kegiatan ini memuat hal-hal yang sangat bagus untuk pengembangan akademik perguruan tinggi khususnya bagi Prodi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia. Rektor juga memberikan apresiasi yang luar biasa kepada IKAPROBSI sebagai Organisasi Program Studi yang sangat exsis dalam membantu pengembangan prodi dan perguruan tinggi. “tidak banyak Organisasi serupa yang berkomitmen secara utuh dan runtut dalam mengembangkan Prodi –nya, komitmen ini terlihat dari berbagai Agenda yang sangat padat, dilaksanakan dalam waktu singkat namun mencapat hasil yang memberikan kontribusi besar bagi pengembangan Program studi dan Perguruan Tinggi, suatu kebangaan bagi Universitas PGRI Palembang menjadi tempat berkumpulnya Para Guru Besar, Ka.Prodi, dan para Dosen Pendidikan Bahasa Indonesia dari berbagai provinsi di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button