PGRI

............

Pendidikan

UPGRIP Dorong Semua Dosen Terus Tingkatkan Keahlian

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Derasnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membuat semua perubahan berjalan dengan sangat cepat, termasuk dunia pendidikan. Semua pun dituntut terus melakukan inovasi dan peningkatan keahlian agar mampu bersaing.

Hal tersebut disampaikan Rektor Universitas PGRI Palembang (UPGRIP), Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR saat memberikan sambutan pada Rapat Pembagian Tugas Mengajar Dosen Fakultas Teknik di Ruang Aula Fakultas Teknik lantai 2 Gedung D Universitas PGRI Palembang, Rabu (1/3/2023).

(Suasana Rapat Pembagian Tugas Mengajar Dosen Fakultas Teknik di Ruang Aula Fakultas Teknik lantai 2 Gedung D Universitas PGRI Palembang)

Turut hadir Dekan Fakultas Teknik Amiwarti, S.T., M.T., Wakil Dekan Fakultas Teknik Abdul Azis, ST., M.T., Ketua Gugus Penjamin Mutu Muhrinsyah Fatimura, S.T., M.T., seluruh Ketua Program Studi yang ada di lingkungan Fakultas Teknik, seluruh dosen yang mendapatkan tugas mengajar di Fakultas Teknik, Kabag. TU, Keuangan dan Kepegawaian, para Kasubbag dan pengelola Fakultas Teknik.

Dalam kesempatan tersebut Rektor UPGRIP, Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR menegaskan sebagai Universitas yang mempunyai sistem informasi terbaik di pulau Sumatera, sangat penting bagi semua dosen yang ada di Universitas PGRI Palembang untuk terus meningkatkan keahlian yang dimiliki.

“Perbaikan sarana prasarana yang ada akan terus dilakukan sehingga mahasiswa dan dosen merasa nyaman dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Diharapkan jumlah mahasiswa yang masuk ke Fakultas Teknik akan lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya sehingga Fakultas Teknik dapat berdiri dengan kemampuan sendiri. Jangan takut bersaing dengan perguruan tinggi lain karena kita mempunyai kemampuan untuk mengalahkan mereka,” ujarnya.

Lanjutnya, bahwa Pembagian Tugas Mengajar bertujuan memberikan Informasi masa perkuliahan semester genap 2022/2023, pembagian jadwal mengajar dosen, memberikan informasi mata kuliah yang diampu oleh masing-masing dosen, Rencana Pelaksanaan Perkuliahan (RPS) dan bahan ajar. Hal ini perlu disampaikan agar dosen bisa mempersiapkan perkuliahan dengan baik. Dengan adanya pembagian tugas mengajar ini, diharapkan dosen dapat menyiapkan perangkat pembelajaran sejak dini sehingga perkuliahan lebih terorganisir dan sistematis.

(Suasana Rapat Pembagian Tugas Mengajar Dosen Fakultas Teknik di Ruang Aula Fakultas Teknik lantai 2 Gedung D Universitas PGRI Palembang)

Dalam kegiatan pembagian tugas mengajar tersebut ikut dilakukan juga evaluasi terhadap kinerja Dosen di bidang pembelajaran sehingga para Dosen di lingkungan Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang dapat meningkatkan kinerjanya dalam kegiatan belajar mengajar. Fakultas Teknik saat ini sudah menggunakan Sistem Informasi Akademik –Online (SISFO) untuk memberikan kemudahan kepada pengguna (dosen dan mahasiswa) dalam kegiatan administrasi akademik kampus secara online seperti pembuatan jadwal kuliah, pengisian kartu rencana studi (KRS), pembayaran Uang Kuliah Mahasiswa (UKM), pengisian nilai, pengolahan data dosen dan mahasiswa dan sebagainya dengan hanya menggunakan handphone. Sistem ini juga dapat berfungsi sebagai pendukung untuk analisa data dalam menentukan keputusan kampus.

Sementara itu, dalam laporannya Dekan Fakultas Teknik Amiwarti, S.T., M.T mengatakam kegiatan ini adalah sebagai langkah awal memasuki Semester Genap Tahun Akademik 2022/2023 yang akan dimulai pada hari Senin tanggal 6 Maret 2023 mendatang.

(Suasana Rapat Pembagian Tugas Mengajar Dosen Fakultas Teknik di Ruang Aula Fakultas Teknik lantai 2 Gedung D Universitas PGRI Palembang)

“Selain itu, kegiatan ini memberikan penjelasan kepada Rektor mengenai perkembangan dan kesiapan yang telah dan akan dilakukan oleh Fakultas Teknik, antara lain mengenai persiapan Fakultas Teknik dalam menghadapi akreditasi program studi Teknik Elektro, kesiapan Fakultas Teknik dalam pembuatan Jurnal PKM, jumlah tenaga pengajar yang ada dari setiap program studi dan jumlah mahasiswa yang sudah melakukan pendaftaran ke Fakultas Teknik
disamping itu untuk meningkatkan kinerja dosen selain dengan mendorong dosen2 untuk menempuh jenjang pendiddikan doktoral yang pada saat ini sdh ada 10 orang dosen fakultas teknik yang sedang kuliah, peningkatan kinerja dosen juga dilakukan melalui pelatihan pengembangan publikasi di jurnal International bereputasi melalui workshop jurnal yang narasumbernya berasal dari dosen Fakultas Teknik yang sudah berhasil publikasi di jurnal Q1” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button