PGRI

............

holiday angkasa wisata
Pendidikan

Dosen Pendidikan Jasmani FKIP Universitas PGRI Palembang Gelar Sosialisasi, Kerjasama dan Pengabdian kepada Masyarakat di SMAN 4 Pagar Alam

//Penyusunan Instrumen Pembelajaran Penjas Yang Tepat Dalam Memberikan Penilaian Objektif Kepada Siswa// 

SumselMedia.Com, Pagar Alam-

Sebanyak delapan  dosen Pendidikan Jasmani dari FKIP Universitas PGRI Palembang menggelar sosialisasi, kerjasama dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di SMA N 4 Kota Pagar Alam, Kamis (21/10/2021).

Tema PkM kali ini adalah tentang Penyusunan Instrumen Pembelajaran Penjas Olahraga Yang Tepat Dalam Memberikan Penilaian Objektif Kepada Siswa.

PkM tersebut diketuai oleh  Farizal Imansyah, M.Pd  dengan anggota Ilham Arvan Junaidi, M.Pd, Widya Handayani, S.Pd., M.Si, Bambang Hermansah, M.Pd, Dr. Siti Ayu Risma Putri, M.Pd, Hengki Kumbara, M.Pd., AIFO dan Dr. Oktariyana, M.Pd serta dibantu oleh alumni Pendidikan Jasmani FKIP Universitas PGRI Palembang.

Sebelum PkM digelar, terlebih dahulu dilaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi,CIQaR.   dengan Ketua MGMP PJOK SMA Kota Pagar Alam M. Ikhwan Ciptadi, S.Pd.

Kegiatan ini juga sekaligus dilakukan MoA  antara Ketua Prodi Penjas Farizal Imansyah, M.Pd  dengan Ketua  MGMP PJOK SMA Kota Pagar Alam M Ikhwan Ciptadi, S.Pd serta MoA antara Dekan FKIP Universitas PGRI Palembang Dr. Dessy Wardiah, M.Pd., CIQaR., dengan Kepala SMA Negeri 4 Kota Pagar Alam Naharudin. SP.d, M.Pd.

Drs. Bakhrun Suyuti, M.M selaku Kordinator Pengawas MGMP Penjas mengucapkan selamat mengikuti workshop yang sangat penting diikuti oleh para guru.

“Kami berharap kepada peserta untuk bisa mengikuti workshop penyusunan instrument pembelajaran Penjas Ini dengan sebaik mungkin. Sehingga dengan pelatihan para guru PJOK bisa menerapkan ilmu yg didapatkan dengan baik,” harapnya.

Ketua Prodi Pendidikan Jasmani  sekaligus Ketua PkM Farizal Imansyah, M.Pd dalam sambutannya menjelaskan PkM penyusunan instrumen  dalam bentuk workshop bagi Guru MGMP Kota Pagar Alam  ini merupakan rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat Universitas PGRI Palembang khususnya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Prodi Pendidikan Jasmani yang berupa kegiatan pelatihan.

Pada pelatihan PkM Penyusunan Instrumen, penggunaan instrumen dan memberikan penilaian Guru MGMP Kota Pagaralam ini, guru diberikan materi tentang, pentingnya penggunaan instrumen yang tepat dan sesuai, Kriteria Penyusunan Instrumen, Instrumen Tes Keterampilan, Penyusunan Instrumen secara daring, PAP dan PAN, dan  Pendampingan Implementasi dari pelatihan PkM Penyusunan Instrumen, penggunaan instrumen dan memberikan penilaian Guru MGMP Kota Pagaralam ini kemudian diterapkan dengan membuat model-model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta.

((Penyampaian materi PkM oleh tim dosen Pendidikan Jasmani FKIP Universitas PGRI Palembang di SMAN 4 Pagar Alam)

Pada proses penyusunan, guru mendapat pendampingan virtual secara maksimal dari tim pelaksana pengabdian serta  Pelaksanaan Praktik Pelaksanaan praktik PkM Instrumen, penggunaan instrumen dan memberikan penilaian Guru MGMP Kota Pagaralam  ini  dilaksanakan secara tatap muka di SMA Negeri 4 Kota Pagaralam dihadiri oleh 50 peserta guru PJOK SMA/SMK Negeri dan Swasta di Kota Pagaralam.

Pada kesempatan tersebut, Fariz  menyampaikan berbagai keunggulan Universitas PGRI Palembang sehingga menjadi perguruan tinggi pilihan.

“Selain terakreditasi B, Universitas PGRI Palembang dilengkapi fasilitas laboratorium lima lantai dan perpustakaan lengkap dengan akreditasi A terbaik di Sumsel,” ujarnya.

Ia menambahkan, keunggulan lain, Universitas PGRI merupakan Cyber University dan sudah menggunakan Sisfo untuk kegiatan akademik dan perkuliahan.

Kemudian, dosen dan mahasiswanya berprestasi di berbagai bidang baik akademik, penelitian, dan lainnya. Dan bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran dan bebas uang pembangunan.

“Apalagi orang tua siswa adalah guru, anggota PGRI maka akan mendapatkan diskon uang kuliah sampai 50 persen,” jelasnya.

(Penandatangan kerjasama antara Universitas PGRI Palembang dengan SMAN 4 Pagar Alam)

Ditambahkan Fariz, bagi guru-guru yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan Strata Dua (S2) yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, akan mendapatkan diskon atau keringanan SPP sampai 25 persen dan bebas uang pendaftaran.

“Kita mempunyai tiga program studi di Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, yaitu Magister Manajemen Pendidikan, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, dan Magister Pendidikan Bahasa Indonesia,” jelasnya.

Dikatakannya lagi, berbagai kemudahan dan diskon yang diberikan merupakan kebijakan bersama Ketua PGRI Provinsi Sumsel, H Ahmad Zulinto, SPd, MM, Ketua YPLP-PT PGRI Provinsi Sumsel, Dr Hj Meilia Rosani, SH, MH, dan Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi, CIQaR.

Lebih lanjut dikatakan Ketua Prodi Penjas Farizal Imansyah, M.Pd bahwa Program Pascasarjana Univeritas PGRI Palembang telah memiliki tiga prodi yakni Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Magister Pendidikan Bahasa Inggris dan Magister Management.

“Dan kabar gembiranya ke depan Universitas PGRI Palembang akan membuka Prodi baru S-2 Penjas. Saat ini dalam proses pendirian,” jelasnya.

(Foto bersama tim dosen PKM Pendidikan Jasmani FKIP Universitas PGRI Palembang bersama guru-guru SMAN 4 Pagar Alam)

Sementara itu, SMA Negeri 4 Kota Pagar Alam mengucapakan  terima kasih kepada Universitas PGRI Palembang yang sudah memilih SMA N 4 Kota Pagar Alam sebagai tempat PkM dan tuan rumah dari  Penyusunan Instrumen Pembelajaran Penjas Olahraga Yang Tepat Dalam Memberikan Penilaian Objektif Kepada Siswa-Siswi.  “Semoga apa yang disampaikan bermanfaat bagi kepala, guru guru pjok SMA/SMK Negeri dan Swasta dikota Pagaralam,” harapnya.

Adapun instruktur itu yakni Farizal Imansyah, M.Pd dengan materi berjudul Pengantar Teori Evaluasi dan Tes Pengukuran Olahraga, Ilham Arvan Junaidi, M.Pd dengan materi berjudul Penyusunan Instrumen,  Widya Handayani, S.Pd., M.Si dengan materi berjudul Penyusunan Instrumen II, Dr. Siti Ayu Risma Putri, M.Pd dengan materi berjudul Bentuk Instrumen Tess Fisik,

Selanjutnya, Bambang Hermansah, M.Pd dengan materi berjudul Pendampingan Penyusunan Instrumen, Hengki Kumbara, M.Pd., AIFO materi berjudul Penyusunan PAP serta  PAN, Dr. Oktariyana, M.Pd dan Dede Dwiansyah Putra, M.Pd materi berjudul Bentuk Instrumen Tes Keterampilan Olahraga. (ADV)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button