PGRI

............

holiday angkasa wisata
Pendidikan

FPK UPGRIP Gelar Pelatihan Penulisan Skripsi dan Tugas Akhir

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) menggelar Pelatihan Penulisan Skripsi dan Tugas Akhir bagi mahasiswa Program Studi (S1) Ilmu Perikanan dan Program Studi (D3) Budi Daya Ikan Fakultas Perikanan dan Kelautan.

Kegiatan ini digelar di Gedung Business and Science Center Universitas PGRI Palembang dengan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat, Senin (29/11/2021).

Kegiatan ini  dibuka langsung oleh Rektor Universitas PGRI Palembang yang di wakili oleh Wakil Rektor I/II Dr. Yasir Arafat, M.M., CiQaR.

Dalam sambutannya pihaknya menyambut baik dan mendukung penuh atas terselenggaranya kegiatan pelatihan penulisan skripsi dan tugas akhir tersebut.

“Kami berharap kegiatan ini mampu meningkatkan kualitas dan mutu karya ilmiah yang akan dihasilkan oleh seluruh mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan,” ujar Dr. Yasir Arafat, M.M., CiQaR dalam sambutannya.

(Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan Indah Anggraini Yusanti, S.Si., M.Si saat menyampaikan kata sambutan)

Dengan pelaksanaan pelatihan ini seluruh mahasiswa wajib mengikuti rangkaian kegiatan dan memahami betul bagaimana sistematika, kaidah-kaidah sesuai dengan buku pedoman penulisan skripsi dan tugas akhir yang telah disediakan, serta diharapkan hasil karya yang akan mahasiswa hasilkan bebas dari “plagiarism” sehingga mutu dan kualitas karya ilmiah mahasiswa terjaga.

Sementara itu, Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan UPGRIP Indah Anggraini Yusanti, S.Si., M.Si mengatakan kepada peserta pelatihan penulisan skripsi dan tugas akhir untuk memiliki jiwa pejuang dan pantang menyerah serta ketekunan yang kuat dalam menyelesaian skripsi dan tugas akhir.

“Agar cita-cita menjadi Sarjana Perikanan dan Ahli Madia Perikanan dapat terwujud,” terangnya.

Ia juga berpesan agar mahasiswa mengikuti dengan baik dan sungguh-sungguh materi yang disampaikan oleh para narasumber pada pelatihan penulisan skripsi dan Tugas Akhir ini. Semoga dengan adanya pelatihan ini akan membuka pemikiran dan cakrawala bagi para peserta untuk menemukan ide-ide dan inovasi-inovasi yang kreatif dan bermanfaat bagi masyarakat dan dunia perikanan,” pungkasnya.

(Foto bersama Pemateri dan Peserta Pelatihan Skripsi dan Tugas Akhir Prodi Ilmu Perikanan dan Budidaya Ikan)

Pada kegiatan tersebut terdapat  narasumber yang merupakan dosen pembimbing pada Program Studi Budi Daya Ikan dan Ilmu Perikanan. Berbagai materi disampaikan mulai dari tujuan, persyaratan dan etika penulisan tugas akhir, perumusan masalah dan latar belakang, tinjauan pustaka dan cara pengutipan tulisan ilmiah, metodologi penelitian dan analisis data, pembahasan hasil penelitian, kesimpulan dan saran, dan penulisan daftar pustaka.

Semua materi disampaikan dengan baik dan terstruktur dengan mempedomani buku panduan penulisan Skripsi dan Tugas Akhir mahasiswa Program Studi (D3) Budi Daya Ikan dan Program Studi (S1) Ilmu Perikanan Fakultas Perikanan dan Kelautan.

(Peserta pelatihan skripsi dan tugas akhir saat mendengarkan pemaparan dari nara sumber)

Dalam kegiatan yang sama, Fakultas Perikanan dan Kelautan juga memberikan sertifikat penghargaan bagi mahasiswa berprestasi yang telah berhasil mengukir prestasi membanggakan bagi Fakultas Perikanan dan  Kelautan dan Universitas PGRI Palembang.

Piagam penghargaan tersebut diberikan kepada Putra Hidayana yang merupakan mahasiswa Program Studi Budidaya Ikan Semester 5 yang telah berhasil meraih medali Emas pada event PON (Pekan Olah Raga Nasional)  XX 2021 di Papua, yang merupakan atlit Cabang Olah Raga Pencak Silat yang diwakili oleh Ulya Abdullah.

(Foto Bersama Penerima Piagam Penghargaan dan Dosen Fakultas Perikanan dan Kelautan)

Debi Febiani juga berhasil mendulang Emas pada event Porprov XIII di OKU Raya pada cabang olahraga pencak silat yang diwakili oleh Nurbaiti Jannati. Piagam Penghargaan juga diberikan kepada Delvi Wulandari pada Program Studi Budi Daya Ikan yang berhasil meraih gelar Gadis Persahabatan 2021 pada ajang pemilihan Bujang Gadis Kampus 2021, dan juga Wahyu Nurhakim mahasiswa program studi ilmu perikanan yang juga meraih Bujang Harapan 3 pada event Pemilihan Bujang Gadis Kampus 2021. Setelah penyerahan sertifikat kegiatan di tutup dengan ramah tamah dan foto bersama.

Foto 1: Wakil Rektor I/II Dr. Yasir Arafat, S.E., M.M., CIQaR saat menyampaikan kata sambutannya

Foto 2: Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan Indah Anggraini Yusanti, S.Si., M.Si saat menyampaikan kata sambutan

Foto 3: Foto bersama Pemateri dan Peserta Pelatihan Skripsi dan Tugas Akhir Prodi Ilmu Perikanan dan Budidaya Ikan

Foto 4: Peserta pelatihan skripsi dan tugas akhir saat mendengarkan pemaparan dari nara sumber

Foto 5: Foto Bersama Penerima Piagam Penghargaan dan Dosen Fakultas Perikanan dan Kelautan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button