PGRI

............

Pendidikan

Luar Biasa! UBD Gelar Pengukuhan Guru Besar Ilmu Teknik Sipil dan Lingkungan

 

SumselMedia.com, Palembang-

Universitas Bina Darma (UBD) Palembang sebagai Perguruan Tinggi Swasta terbaik di Sumsel terus diperkuat oleh para dosen yang menyandang profesor.

Bahkan kali ini, dosen UBD kembali dikukuhkan sebagai guru besar yakniProf. Dr. Ir. Achmad Syarifudin, M. Sc, PU-SDA dengan bidang keahlian Guru Besar Bidang Ilmu Teknik Sipil dan Lingkungan,

Pengukuhan yang digelar di Grand Atyasa Convention Center, ini dihadiri oleh Dr. Sunda Ariana, M.Pd., M.M. Rektor Universitas Bina Darma, H. Herman Deru, S.H., M.M. Gubernur Sumatera Selatan, Prof. Dr. Iskhaq Iskandar, M.Sc., Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II (LLDikti Wil II), Kepala Dinas, Yayasan Bina Darma Palembang, Pimpinan Perguruan Tinggi, Pimpinan Bank dan Relasi Universitas Bina Darma.

Dalam kata sambutannya, Rektor Universitas Bina Darma mengucapkan selamat atas pengukuhan Guru Besar tersebut.

“Saya selaku pribadi dan institusi mengucapkan selamat, semoga dengan dikukuhkannya Prof. Dr. Ir. Achmad Syarifudin, M. Sc, PU-SDA. sebagai Profesor akan semakin meningkatkan peran Universitas Bina Darma dalam keilmuan dan pembangunan di Sumatera Selatan, khususnya dan Indonesia umumnya,” ujar Dr. Sunda Ariana, M.Pd., M.M.

Prof. Dr. Ir. H. Achmad Syarifudin, M.Sc., adalah Profesor ketiga yang dikukuhkan Universitas Bina Darma, dan Profesor pertama di Bidang Ilmu Teknik Sipil dan Lingkungan Universitas Bina Darma. Sampai dengan acara pengukuhan kali ini, Profesor dari Universitas Bina Darma berjumlah 3 orang, dan Profesor yang aktif di Universitas Bina Darma saat ini berjumlah empat orang, yaitu Prof. Waspodo, M.Ed., Ph.D, Prof. Dr. Marsudi Kisworo, Prof. Hj. Isnawijayani, M.Si., Ph.D, dan yang telah dikukuhkan hari ini Prof. Dr. Ir. Achmad Syarifudin, M. Sc, PU-SDA.

(Foto bersama)

“Kita berharap dalam waktu ke depan, Universitas Bina Darma kembali dapat mengukuhkan beberapa profesor lagi,” tambah Rektor Universitas Bina Darma.

Hadir pada kesempatan itu, Gubernur Sumatera Selatan juga menyampaikan suka citanya di hadapan para tamu yang hadir.

“Dengan pengukuhan ini selain mengucapkan selamat, yang kedua saya sangat tertarik dengan orasi ilmiahnya, saya izin untuk menjadikan ini navigator agar bisa lebih keras dengan pengelola sumberdaya air yang ada,” ujar Gubernur H. Herman Deru, S.H., M.M.

Lebih lanjut dirinya mengatakan dalam tata kelola air dan sistem drainase, kesalahan pertama yang dirinya sadari sebagai Kepala Daerah adalah menata ketika sudah ada masalah, bukan direncanakan. Hal inilah akhirnya menyebabkan terjadinya banjir. Maka dari itu karya ilmiah dari Prof. Dr. Ir. Achmad Syarifudin, M. Sc, PU-SDA. ingin dijadikan navigator dalam pengelolaan sumber daya air khususnya di Sumatera Selatan.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah II, Prof. Dr. Iskhaq Iskandar M.Sc. juga turut menyampaikan ucapan selamat atas pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. Ir. Achmad Syarifudin, M. Sc, PU-SDA.

“Kami sangat mengharapkan bahwa Bapak Prof. Achmad Syarifuddin terus berkarya dan berinovasi, agar dapat memberikan pencerahan keilmuannya tidak hanya pada level Universitas Bina Darma, tetapi pada level yang lebih tinggi di tingkat Nasional bahkan Internasional,” jelasnya.

Pada kesempatan yang berbahagia itu pula, Prof. Dr. Ir. Achmad Syarifudin, M. Sc, PU-SDA menyampaikan pidatonya

“Saya berterima kasih kepada Universitas Bina Darma yang telah mendukung proses percepatan Guru Besar ini,” ucap Prof. Dr. Ir. Achmad Syarifudin, M. Sc, PU-SDA.

Peran Profesor menjadi sangat penting yakni sebagai pelopor inovasi melalui pendidikan, riset, dan pengabdian karya-karya besar yang dihasilkan oleh Civitas Academica Universitas Bina Darma. Pengembangan Pusat-pusat Penelitian dan Riset Group saat ini terus dipacu dan difasilitasi dalam upaya menghasilkan riset-riset yang bermanfaat bagi masyarakat.

Wakil Rektor Bidang SDM Universitas Bina Darma Ria Andryani, M.M, M.Kom. menyampaikan bahwa saat ini Universitas Bina Darma terus berupaya meningkatkan jumlah SDM dengan gelar jabatan fungsional Guru Besar atau Profesor. Dengan lahirnya Guru Besar ini membuktikan, bahwa Universitas Bina Darma pantas dinobatkan sebagai PTS Terbaik di Sumsel Versi Edu Rank 2023.

www.binadarma.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button