PGRI

............

holiday angkasa wisata
Profil

Mengenal Muhsana El Cintami Lanos, Dosen UPGRIP Berprestasi di Bidang Olahraga

//UPGRIP Raih Juara Umum II Ajang POMDA XVII  Se Sumatera Selatan//

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Berkat tekad dan ketekunannya, Muhsana El Cintami Lanos tak hanya sukses dibidang akademik tapi juga di nonakademik. Kini, ia telah menyelesaikan pendidikan doktor di salah satu Universitas Negeri di Jakarta dan menjadi salah satu dosen di Universitas PGRI Palembang. Di bidang nonakademik, Dr. Muhsana El Cintami Lanos., M.Pd ini menorehkan prestasi tak hanya sebagai atlet tapi juga pelatih.

Perjuangan sebagai atlet nasional, telah ia torehkan pada tahun 2012 lalu, pada saat ajang multi event olahraga terbesar Tanah Air, Pekan Olahraga Nasional (PON) Riau. Bahkan, ia kerap bolak-balik meraih medali dari Kejuaraan Nasional (Kejurnas) pencak silat yang ia ikuti.

“Jadi atlet sejak 2005 lalu. Ketika saat menempuh jenjang pendidikan di SONS Palembang,” ujar Dr. Muhsana El Cintami Lanos, M.Pd, Rabu (23/2/2022).

Lanjut wanita kelahiran Jambi, 14 April 1991 bahwa berbekal dengan tekad dan latihan rutin di SONS Palembang, ia kemudian kerap mengikuti kompetisi baik skala daerah maupun nasional sehingga meraih prestasi.

(Dr. Muhsana El Cintami Lanos, M.Pd)

Deretan prestasi olahraga bela diri yang dimilikinya kemudian menjadikan dirinya diminta sebagai pelatih untuk mampu membina para atlet pencak silat. Bahkan pada 2015 lalu, ia sempat menjadi pelatih silat pada kontingen Sumsel diajang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) di Aceh. Sebagai seorang yang dipercaya menjadi pelatih menurutnya banyak tantangan yang ia harus hadapi.

“Karena ternyata jadi pelatih itu hal yang lumayan sulit. Pertama kita harus bisa melakukan pendekatan emosional dengan atletnya, kemudian membuat program yang sesuai untuk latihan, dan saat pertandingan setiap atlet membuat saya merasa bertanggung jawab penuh atas keselamatan dan kemenangan atlet,” terang dosen Pendidikan Jasmani di Kampus Cyber University ini.

Dikatakan Muhsana, bahwa belum lama ini ia membawa nama delegasi Universitas PGRI Palembang pada single event bergengsi POMDA XVII Pencak Silat 2022 yang diikuti dari berbagai perguruan tinggi. Universitas PGRI Palembang sendiri menurunkan 16 atlet yang terrdiri dari tim A dan tim B.

Menariknya, anak asuhnya berhasil meraih prestasi yang luar biasa pada ajang seleksi menuju kompetisi nasional POMNAS 2022 ini. Bahkan, Kontingen Universitas PGRI Palembang berhasil meraih juara umum ke II pada kompetisi ini.

“Dan berkat support kita semua, akhirnya anak-anak berhasil meraih 4 medali emas, dua medali perak dan tiga perunggu,” pungkasnya.

Pihaknya berharap, prestasi ini mampu mengharumkan nama Universitas PGRI Palembang sebagai kampus bertabur bintang dan penghargaan kini menambah prestasi lewat prestasi olahraga.

Daftar Nama Mahasiswa Peraih Medali di POMDA Pencak Silat 2022

Emas

1. Ulya ( B putera )

2. Debi ( C putera )

3. Bara ( D putera )

4. Beni ( H putera )

Perak

1. Edi ( Seni Tunggal ) 

Perunggu

1. Zainul ( A putera )

2. Gio ( G putera )

3. Faqih ( C putra)

Pelatih: Dr. Muhsana El Cintami Lanos, M.Pd

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button