Pendidikan

Tingkatkan Kualitas Guru Dimasa Pandemi, Pascasarjana Universitas PGRI Palembang Gelar Seminar Nasional Pendidikan

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Guna meningkatkan kualitas guru dimasa Pandemi Covid-19, Pascasarjana Universitas PGRI Palembang menggelar Seminar Nasional Pendidikan Tahun 2021.

Seminar Nasional Pendidikan dengan tema “Pembelajaran Inovatif Di Era Disruptif” digelar secara virtual melalui zoom meeting, Sabtu (21/8/2021).

Seminar tersebut menghadirkan para pakar berkompeten dibidangnya, yakni Prof. Endri Baroswati, M.Pd. dari Universitas Negeri Jakarta, Prof. Sugiyono, M.Pd. dari Universitas Negeri Yogyakarta , Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR. Rektor Universitas PGRI Palembang , Dr. Gumawang Jati, M.Pd. dari Institut Teknologi Bandung dan Assoc, Prof Ahmad Daryanto, Ph.D. dari Lancaster University, United Kingdom. Dimoderatori oleh Asdir Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang Dr. Mulyadi, M.A. dan Dr. Muh. Juliansyah Putra, M.Si., CIQaR.

(Ketua YPLP PT- PGRI Provinsi Sumatera Selatan Dr. Hj. Meilia Rosani, S.H., M.H. diwakili Sekretaris  YPLP PT-PGRI Provinsi Sumsel Drs. Surmana, M.M saat menghadiri Seminar Nasional Pendidikan 2021)

Dalam kesempatan tersebut, Plt Direktur PPs Universitas PGRI Palembang, Dr. Syaiful Eddy., MSi., CIQnR selaku Ketua Pelaksana Seminar Nasional Pendidikan mengatakan bahwa baik peserta maupun pemateri pendamping/paralel berasal dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia

“Mulai dari Universitas PGRI Palembang, Institut Teknologi Bandung, Universitas Multimedia Nusantara, Universitas PGRI Madiun, STKIP Nurul Huda Sukaraja, Balai Bahasa Pemprov Sumsel, dengan jumlah pemakalah paralel 40 orang,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa sesi pemakalah dibagi menjadi 3 room. Sedangakan dari Universitas PGRI Palembang berjumlah 216 orang terdiri dari 3 program studi Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia 38 orang, Bahasa Inggris 37 orang dan Manajemen Pendidikan berjumlah 141 orang.

(Plt Direktur PPs Universitas PGRI Palembang, Dr. Syaiful Eddy., MSi., CIQnR saat memberi kata sambutan selaku Ketua Pelaksana Seminar Nasional Pendidikan 2021)

Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR mengatakan Seminar Nasional Pendidikan digelar setiap tahun oleh Program Pascasarjana, karena  merupakan program tahunan.

Untuk itu, kampus yang memiliki motto ‘Melaju Dengan Mutu’ ini mulai melakukan terobosan terbaru yang sangat luar biasa di luar Pulau Jawa khususnya Pulau Sumatera.

“Saya diberi amanah 2017 tepatnya 30 November sampai dengan 30 November 2021 yang saya lakukan ketika 2 bulan saya menjadi rektor saya melihat bahwa dunia ke depan kita tidak bisa bertahan dengan konvensional,  tidak bisa kita hanya mengandalkan sistem tatap muka seperti saat ini Januari 2018 saya coba merancang, mencoba melakukan perubahan dalam bidang IT,” jelasnya.

(Asdir Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang Dr. Mulyadi, M.A selaku moderator Seminar Nasional Pendidikan 2021 saat memandu tanya jawab virtual antara Rektor Universitas PGRI Palembang dengan peserta)

Lanjutnya, bahkan sarana prasarana mengarah kepada sistem pengelolaan, sistem keuangan,sistem kepegawaian, semua kita minta sistem pembelajaran pelayanan yang awalnya ada di bagian depan dipindahkan menjadi satu tempat dan diberi nama Gedung Pusat Pelayanan Terpadu.

Gedung tersebut merupakan gedung pelayanan satu pintu yang semua akan selesai di ruangan tersebut dengan berbagai pelayanan administrasi lengkap.

Sementara itu ditempat yang sama, Ketua YPLP PT- PGRI Provinsi Sumatera Selatan Dr. Hj. Meilia Rosani, S.H., M.H. diwakili Sekretaris  YPLP PT-PGRI Provinsi Sumsel Drs. Surmana, M.M.
pada acara Seminar Nasional Pendidikan menjelaskan, pihak yayasan sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan Seminar Nasional Pendidikan yang dilakukan Program Pascasarjana ini.

Menurutnya, kegiatan seminar yang bertaraf nasional dilakukan secara virtual memerlukan kerja ekstra mulai dari mengakomodir peserta, narasumber hingga pemakalah. Untuk itu Surmana menyampaikan apresiasi untuk Universitas PGRI Palembang khususnya Program Pascasarjana yang telah  menyelenggarakan kegiatan ini.

(Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR saat menjadi pembicara utama pada Seminar Nasional Pendidikan)

Surmana berharap kegiatan Seminar Nasional Pendidikan yang biasanya dilakukan setahun sekali ke depan akan diperbanyak, karena ia menilai kegiatan ini sangat banyak manfaatnya untuk mahasiswa, dosen hingga pihak yayasan.

“Melalui Seminar Nasional Pendidikan ini kita berharap dosen dapat pengetahuan dan bekal sehingga dalam melakukan aktivitas belajar mengajar aman dan nyaman,” harap Surmana. (ADV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button