PGRI

............

holiday angkasa wisata
Pendidikan

Tingkatkan Skill Komunikasi, HMPS Sejarah UPGRIP Gelar Workshop Public Speaking

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Guna meningkatkan skill berbicara di depan umum bagi mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Sejarah, FKIP Universitas PGRI Palembang menggelar Workshop Public Speaking di Gedung BSC UPGRIP Ruang 406 Senin, (21/03/2022).

(Dr. Muhammad Idris, M.Pd saat memberikan
sambutan)

Workshop dengan tema “Kembangkan Potensi Berkomunikasi yang Efektif untuk Menjadi Enterpreneur Sejarah Masa Depan” menghadirkan narasumber utama penyiar budaya RRI Palembang  Lidya Wulansari, Dekan FKIP Universitas PGRI Palembang Assoc. Dr. Dessy Wardiah, M.Pd., CIQaR diwakili oleh Wakil dekan III FKIP Universitas PGRI Palembang Dr. Muhammad Idris., M.Pd., Ketua Umum DPM FKIP Universitas PGRI Palembang  Muhammad Farhan Septiansyah dan Gubernur Mahasiswa FKIP Universitas PGRI Palembang Ahmad Nur Zurkasih.

Himpunan mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah (FKIP) Universitas PGRI Palembang menggelar Workshop Public Speaking dengan tema Kembangkan Potensi Berkomunikasi yang Efektif untuk Menjadi Enterpreneur Sejarah Masa Depan”.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Dekan III FKIP UPGRIP Dr. Muhammad Idris, M.Pd.,  dalam sambutannya mengatakan

Public speaking adalah komunikasi lisan berupa pidato, ceramah, presentasi, dan jadi jenis berbicara di depan umum (orang banyak) dan lainnya. Publlic speaking juga diartikan sebagai “pembicaraan public” yang maksudnya berbicara di depan orang banyak juga.

“Dengan  diadakannya workshop ini dapat  membantu para mahasiswa menjadi seorang public speaking yang baik dalam menyajikan presentasi di dalam perkuliahan maupun diluar perkuliahan,” ujarnya.

(Ketua Pelaksana Richard Saputra saat memberikan sambutan)

Sementara itu, Lidya Wulansari menyampaikan bahwa Public speaking merupakan sebuah proses komunikasi berkelanjutan, dimana pesan dan lambang terus berinteraksi diantara pembicara dan para pendengarnya. Tak hanya itu beliau juga menyampaikan tentang metode yang digunakan ketika berbicara di depan, gaya bahasa yang digunakan, apa yang harus dilakukan, seni dalam berbicara, bagaimana cara memulai, dan hal apa saja yang harus dihindari ketika sedang speak up di depan audiens.

“Saya berusaha untuk memberikan tentunya edukasi memberikan  ilmu dan informasi untuk rekan-rekan adik-adik mahasiswa yang nantinya akan menjadi penerus yang  tidak semua orang itu memiliki kemampuan untuk berbicara di depan publik,” jelasnya.

Menurutnya, generasi muda ini adalah cikal bakal tentunya penerus, membutuhkan sarana untuk bisa menghasilkan komunikasi yang baik seperti itu. Dan dengan adanya acara ini sangat luar biasa sekali di mana Universitas PGRI Palembang merupakan pencetus  sehingga bisa menghasilkan generasi-generasi yang mampu untuk berbicara di depan umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button