PGRI

............

holiday angkasa wisata
Pendidikan

Wujudkan Pemenuhan Kampus Merdeka Dalam Belajar, Universitas PGRI Gandeng Pertamina

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Sebagai salah satu Universitas terbaik di Sumsel, Universitas PGRI Palembang terus melakukam terobosan dalam mendukung program Pemerintah. Salah satunya adalah pemenuhan kampus merdeka dalam belajar.

Kali ini, Universitas dengan visi Cyber University ini menggelar Memorandum of Underatanding (MoU) dengan PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit III Plaju dalam bidang pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai pemenuhan Implementasi Kurikulum Kampus Merdeka, bertempat di Gedung CRGM Area Perkantoran PT KPI RU III Plaju, Senin (18/10/2021).

MoU ini ditandatangani langsung oleh Rektor Universitas PGRI Palembang , Dr. H. Bukman Lian, M.M.,M.Si., CIQaR dan General Manager Pertamina Moh. Hasan Efendi.

(Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, MM.MSi, CIQaR saat memberikan sambutan dalam acara sambutan MoU dengan Pertamina)

Turut hadir dalam kegiatan ini pejabat dari Universitas PGRI Palembang yakni Warek II Dr. Yasir Arafat, S.E.,M.M.,CIQaR, Karo AUPK3ORTALA Ramanata Disurya, S.H.,M.H., dan Kaprodi PGSD Arief Kuswidyanarko, M.Pd sedangkan dari Pertamina yakni  Sr Manager Operation & Manufacturing (SMOM): Yulianto Triwibowo, Manager Production: Erdyanto Perkasa, Pjs. Manager HC RU III: Mahardika, Manager Engineering & Development: R.M Adhiyanto, Manager HSSE RU III: Binsar Butar Butar, dan Area Manager Comm, Rel, & CSR: Siti Rachmi Indahsari.

Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr. H. Bukman lian, M.M.M.Si.CIQaR mengatakan bahwa sebelum pandemi covid-19 sebagai kampus cyber university, Universitas PGRI Palembang sudah menjalin  kerjasama ke mancanegara seperti Taiwan, Malaysia, Thailand, dan beberapa negara lainnya.

Tak hanya itu, Universitas PGRI Palembang juga bekerjasama di dalam negeri dengan berbagai perguruan tinggi, pemerintah daerah provinsi dan kabupaten kota di Sumsel dan Babel, sehingga adanya kerjasama dengan pertamina ini merupakan suatu penguatan dan pengembangan kerjasama dengan dunia industri.

(Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, MM.MSi, CIQaR saat memberikan kenang-kenangan plakat kepada General Manager Pertamina, Moh. Hasan Efendi)

Bukman juga mengharapkan kerjasama ini tak hanya terbatas pada naskah MoU saja namun dapat ditindaklanjuti dengan berbagai fakultas, pascasarjana ataupun program studi di Universitas PGRI Palembang.

“Kami memiliki 5 Fakultas yakni FKIP, F. Ekonomi dan Bisnis, F. Sainstek, F. Teknik, F. Perikanan dan Kelautan dan 1 Pascasrjana dengan  Program Studi sebanyak 29 yang semua nanti bisa kita kolaborasikan dengan Pertamina  dengan sektor masing-masing sebagai tindaklanjut dari mou ini khususnya dalam implementasi kurikulum kampus merdeka seperti KKN, KKL, magang mahasiswa dan berbagai kegiatan lainnya,” ujar bukman.

Menurutnya, melalui kerjasama ini Universitas PGRI Palembang juga memberikan berbagai kemudahan-kemudahan kepada Keluarga Besar Pertamina yang hendak melanjutkan kuliah baik ke D3, S1 maupun S2. Kemudahan tersebut berupa bebas uang pendaftaran, uang pembangunan, kuliah gratis di prodi D3 Budidaya Perikanan dan Fisika F. Sainstek, serta diskon uang matrikulasi dan uang kuliah mahasiswa S2 sebesar 25% sampai dengan tamat.

(Rektor Universitas PGRI Palembang , Dr. H. Bukman Lian, M.M.,M.Si.,CIQaR didampingi Warek II Dr. Yasir Arafat, S.E.,M.M.,CIQaR, Karo AUPK3ORTALA Ramanata Disurya, S.H.,M.H., dan Kaprodi PGSD Arief Kuswidyanarko, M.Pd dan jajaran Pertamina saat foto bersama)

Sementara General Manager Pertamina, Moh. Hasan Efendi mengatakan kerjasama ini sebagai ikut andil pertamina dalam meningkatkan tridharma dan karna kebaradaan pertamina  di palembang sehingga pertamina dapat memberi manfaat di Palembang dan Sumatera Selatan.

“Dengan kerjasama ini diharapkan kedua bela pihak baik dunia industri dan dunia pendidikan mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya. Kami juga berharap ada mahasiswa yang ditempatkan di tempat kami baik berupa magang, praktek, yang mungkin bisa membantu perusahaan kami,” ujar hasan efendi. (ADV)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button