PGRI

............

holiday angkasa wisata
Pendidikan

Kaprodi Pendidikan Jasmani FKIP Universitas PGRI Palembang Jadi Pemateri Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Tak bisa dipungkiri, derasnya percepatan teknologi membuat semua serba digital. Pasalnya, hadirnya teknologi mampu menjadi kemudahan. Tak hanya sektor bisnis, begitu pun juga pendidikan. Terlebih pada masa Pandemi Covid-19.

Berangkat dari hal tersebut, sebagai seorang pendidik seorang guru dituntut cerdas dan cakap digital, karena saat ini proses semua serba digital, mulai dari mengajar digital, membuat bahan pelajaran digital, membuat pekerjaan rumah digital, bahkan akreditasi juga digital.

Demikian disampaikan Ketua Program Studi (Kaprodi) Pendidikan Jasmani, FKIP Universitas PGRI Palembang saat menjadi salah satu narasumber pada acara webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 Kota Palembang.

Acara tersebut bertema ‚ÄúMenjadi Pendidik Cerdas dan Cakap Digital” dan dihadiri sebanyak 912 peserta dari berbagai kalangan, baik pelajar, mahasiswa, pendidik baik guru maupun dosen serta masyarakat umum, Selasa (12/10/2021).

Farizal Imansyah, M.Pd. menyampaikan materi tentang Etika Digital , bahwa Etika Digital  adalah kemampuan individu dalam menyadari, mencontohkan, menyesuaikan diri, merasionalkan, mempertimbangkan, dan mengembangkan tata kelola etika digital (netiquette) dalam kehidupan sehari-hari.

“Etika digital mempunyai indicator sebagai¬† Etika Berinternet (Nettiquette), Pengetahuan mengenai informasi yang mengandung hoaks, ujaran kebencian, pornografi, perundungan, dan konten negatif lainnya,” ujarnya.

Menurutnya, pengetahuan dasar berinteraksi, partisipasi, dan kolaborasi di ruang digital yang sesuai dengan kaidah etika digital dan peraturan yang berlaku,  Pengetahuan dasar berinteraksi dan bertransaksi secara elektronik di ruang digital sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Fariz berharap melalui paparan yang bertajuk Etika Digital peserta mampu memahami pengertian, latar belakang, jenis dan kegunaan Digital Ethics dalam menjalani kehidupan di era digital serta peserta dapat mengaplikasikan Digital Ethics dalam menggunakan berbagai platform digital.

Sementara itu, Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si. CIQaR menyampaikan selamat kepada Ketua Prodi Pendidikan Jasmani FKIP Farizal Imansyah, M.Pd  yang terpilih sebagai pemateri pada webinar nasional. Ini membuktikan bahwa dosen Universitas PGRI Palembang  memang mendapat tempat dalam ranah publik dan mampu bersaing di tingkat nasional.

“Semoga hal ini bisa menginspirasi dosen yang lain dalam meningkatkan kariernya sesuai dengan slogan Universitas PGRI Palembang Kampus Melaju dengan Mutu menuju Cyber University,” pungkasnya. (ADV)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button