Profil

Mengenal Amanah Atlet Loncat Indah Blasteran Palembang-Italia, Akui Senang Banyak Fans

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Amanah merupakan satu dari 102 atlet Sumsel yang saat ini menjalani Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) Terpusat di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang.

Atlet kelahiran Novara Italia, 29 Mei 2006 ini merupakan salah satu atlet yang dipersiapkan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumsel untuk mengikuti multi event bergengsi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada 2-15 Oktober 2021 mendatang di Tanah Papua.

Parasnya yang cantik dan terbilang masih muda ini kerap menyita perhatian publik. Tak sedikitnya yang meminta berfoto baik sesama rekan atlet, baik dari atlet PPLP, PON maupun atlet disabilitas yang juga menjalani program latihan di JSC Palembang.

“Iya, senang sih disukai banyak orang,” tuturnya, Senin (2/8/2021).

Tak hanya cantik, pemilik nama lengkap Amanah Giovana Cavenati ini ternyata menyimpan segudang prestasi dari cabang olahraga loncat Indah. Bahkan 2018 lalu, ia berhasil meraih medali emas pada single event Malaysia Invitational Age Group Championship – Diving 5-8 April 2018.

Ia menceritakan bahwa mulai mengenal loncat indah saat 8 tahun saat dibangku kelas 2 SD di Patra Mandiri. Ketika itu, keluarganya mengenal baik Adi Wahyuono yang merupakan salah satu Pelatih Loncat Indah Sumsel bersama Meyrizal Usra.

Awal mengenal, kemudian mencoba dan lambat laun menyukai cabang olahraga ini. Berbekal ketekunan latihan ini lah, putri bungsu pasangan Lorenzo Cavenanti dan Elya Maria ini kemudian mencatat berbagai prestasi.

Usai lulus dari SD Patra Mandiri, spesialis 1 dan 3 menara loncat indah ini kemudian melanjutkan studi di SMP Negeri 1 Palembang. Dan saat ini tengah duduk dibangku kelas IX.

Ditahun 2018, menjadi tahun bertabur medali bagi Amanah. Pasalnya, selain berhasil tampil terbaik di Malaysia, ia juga berhasil meraih runner up di ajang Indonesia Open Aquatic Championship 1-9 Desember 2018.

Dan kini bersama tiga rekannya M Ridho Akbar, M Rizky Anugrah dan Adreva Rasty Putri di spesialis 1 dan 3 menara terus menjalani latihan intensif menuju PON XX Papua dibawah arahan Coach Meyrizal Usra dan Adi Wahyuono.

Menurutnya, PON XX Papua menjadi ajang yang sangat kompetitif karena semua atlet terbaik Tanah Air akan all out dalam membela kontingennya. Apalagi sejumlah daerah yang menjadi lawan berat.

“Seperti DKI Jakarta, Jatim dan lainnnya. Tapi tetap optimis, bisa memberikan yang terbaik,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button