PGRI

............

holiday angkasa wisata
Pendidikan

Siap Ciptakan Lulusan Berkualitas, Pendidikan Jasmani FKIP UPGRIP Gelar Workshop MBKM

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Sebagai salah satu Perguruan Tinggi terbaik di Sumsel, Universitas PGRI Palembang terus mendorong para dosen untuk meningkatkan kompetensinya dalam rangka menciptakan lulusan yang berkualitas.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memiliki kompetensi tentang melaksanakan kurikulum terbaru yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan yakni Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Berangkat dari hal tersebut, Program Studi Pendidikan Jasmani FKIP UPGRIP menggelar Workshop MBKM dengan menghadirkan sejumlah pakar berkompeten dibidangnya yang diikuti oleh para dosen Pendidikan Jasmani di
di Gedung Auditorium 406, Gedung Science and Center UPGRIP, Kamis (23/6/2022).

(Rektor UPGRIP Dr. H. Bukman Lian, MM., M.Si., CIQaR saat memberikan kata sambutan pada Workshop MBKM Program Studi Pendidikan Jasmani FKIP UPGRIP)

Kegiatan yang menghadirkan narasumber Guru Besar Universitas Negeri Jakarta Prof. Dr. Firmansyah Dlis, M.Pd dan Guru Besar Universitas Cendrawasih Prof. Dr. Jhonny Siahaan,M.Si., AIFO ini dibuka langsung oleh Rektor UPGRIP Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR.

Turut hadir Dekan FKIP UPGRIP Assoc. Prof. Dr Dessy Wardiah, M. Pd , CIQaR,
Wadek 1 FKIP Patricia HM Lubis, P.hD, serta para tamu undangan.

Rektor UPGRIP Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR dalam sambutannya mengatakam bahwa saat ini, Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan sedang gencar menggalakkan Program Merdeka Belajar -Kampus Merdeka. Hal ini menjadi tantangan bagi program studi Pendidikan Jasmani untuk melakukan penyesuaian terhadap kurikulum yang berlaku agar dapat menyiapkan alumni untuk dapat bersaing di dunia kerja.

Dan untuk menghadapi perubahan aturan yang sangat dinamis dan tantangan terhadap dunia kerja para alumni tersebut, maka perlu adanya peninjauan dan pemutakhiran kembali pada kurikulum program studi Pendidikan Jasmani dalam hal ini adalah kurikulum merdeka belajar. “Sehingga dapat menghasilkan lulusan seperti yang diharapkan. Agar kurikulum program studi penjas dapat sesuai dengan kurikulum MBKM dan tepat sasaran,” ujarnya.

(Foto bersama)

Sementara itu Dekan FKIP UPGRIP Assoc. Prof. Dr Dessy Wardiah, M. Pd , CIQaR mengatakan bahwa Program Studi Sarjana (S1) Pendidikan Jasmani merupakan salah satu dari 13 program studi yang ada di lingkungan FKIP Universitas PGRI Palembang. Di tahun 2004, semenjak dibukanya penyelenggaraan perkuliahan S1 reguler telah melalui 5 kali perubahan kurikulum, yaitu kurikulum 2004, kurikulum 2011, Kurikulum KKNI 2016, dan kurikulum KKNI Revisi Tahun 2019, serta MBKM pada tahun 2021. Dan kegiatan ini bertujuan untuk menyelesaikan Struktur kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka di Program Studi Pendidikan Jasmani.

“Sehingga Setelah kegiatan workshop ini diharapkan akan tersusunnya kompetensi lulusan, dan capaian pembelajaran program studi yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan lulusan/lembaga profesi dan tentu saja selanjutnya kurikulum ini bisa diaplikasikan oleh dosen- dosen program studi Pendidikan jasmani pada Tahun Akademik 2021/2022, sekaligus didokumentasikan di program studi,” harapnya.

Sementara itu disampaikam oleh Ketua Pelaksana Workshop Farizal Imansyah, M.Pd bahwa kegiatan ini diikuti oleh seluruh dosen Program Studi Pendidikan Jasmani, Ketua MGMP Guru penjas SMA/SMK MGMP Sumatera Selatan, ketua guru Penjas MGMP SLTP Kota Palembang, dan Ketua MGMP Guru Penjas SD Kota Palembang, Pengurus dan anggota Ikatan Alumni Program Studi S1 Pendidikan Jasmani FKIP UPGRIP dan pengguna lulusan yang terdiri atas Dinas Pendidikan Sumatera Selatan, kepala sekolah,. sesuai dengan program Merdeka Belajar –Kampus Merdeka (MBKM).

“Dan kegiatan ini akan dilanjutkan dengan pembuatan RPS, instrumen evaluasi, bahan ajar, dan media dengan berbasis ipteks yang kreatif dan inovatif oleh masing-masing dosen. Kegiatan penyusunan kurikulum ini akan dilaksanakan sebagai program lanjutan oleh semua dosen pengampu masing- masing mata kuliah, tersusunnya satu perangkat Kurikulum Program Studi Pendidikan Jasmani yang berbasis Merdeka Belajar – Kampus Merdeka,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button