PGRI

............

holiday angkasa wisata
Pendidikan

Lakukan Transformasi Pendidikan, UPGRIP Singkronkan Program Dirjend Dikti

 

SumselMedia.Com, Palembang-

Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) sebagai salah satu Perguruan Tinggi terbaik di Sumsel terus melakukan berbagai terobosan dalam rangka meningkatkan peran Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kali ini, dalam rangka melakukan transformasi pendidikan yang singkron antara Universitas PGRI Palembang dengan Dirjend Dikti, maka digelar Kuliah Umum dengan tema Transformasi Pendidikan Indonesia pada Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0 di Perguruan Tinggi di Aula H. Aidil Fitri Syah Lantai 5, Gedung Business and Science Center, Kamis (10/3/2022).

Kuliah umum yang digelar secara daring dan luring tersebut menghadirkan narasumber Prof. Ir. Nizam, MSc., DIC., Ph.D yang merupakan Plt. Direktur Jendral Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi dan dibuka oleh Ketua PB PGRI Prof. Dr. Unifah, Rosyidi, M.Pd dan dimoderatori oleh Ketua BPLP PGRI Pusat Prof. Dr. Supardi US., MM., M.Pd. Kegiatan ini juga dibarengi dengan launching perubahan STKIP Silampari menjadi Universitas PGRI Silampari Lubuklinggau.

Turut hadir Ketua PGRI Sumsel H. Ahmad Zulinto, S.Pd., MM, Ketua BPH PB PGRI Palembang Dr. Hj. Meilia Rosani, SH., MH yang diwakili oleh Drs. Surmana., MM, Ketua BPH PGRI Silampari Lubuklinggau, Drs. H. Lukman Haris, M.Si, Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, MM., MSc., CIQaR, Rektor Universitas PGRI Silampari Dr. H. Rudi Erwandi, M.Pd, para dekan, para kaprodi, para dosen, serta ribuan mahasiswa yang mengikuti secara daring.

Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, MM., MSc., CIQaR menyampaikan bahwa transformasi pendidikan di era digital ini sebenarnya sudah dilakukan oleh Universitas PGRI Palembang sejak empat tahun terakhir ini. Apalagi saat ini Universitas PGRI Palembang sudah dikenal dengan Cyber University.

“Jadi melalui Kuliah Umum ini bagaimana program Universitas PGRI Palembang ini bisa singkron dengan Dirjend Dikti. Sehingga kita akan susun program lima tahun ke depan,” ujarnya.

(Ketua PGRI Sumsel H Ahmad Zulinto, S.Pd., MM)

Sementara itu dikatakan Ketua PGRI Sumsel H. Ahmad Zulinto, S.Pd., MM bahwa di era digital memang sangat penting sehingga sektor pendidikan harus benar-benar beradaptasi. Bagaimana kualitas SDM mulai dari guru, dosen dan yang lain harus mengikuti zaman yang ada.

“Kami berharap tantangan di era digital ini bisa dikonversi menjadi peluang dengan memanfaatkan teknologi yang ada saat ini. Baik itu Universitas PGRI Palembang dan juga Universitas Silampari,” harapnya.

Setelah ini juga diharapkan Universitas PGRI Palembang dan juga Universitas Silampari bisa melakukan inovasi tentang transformasi pembelajaran di era digital dan pecepatan teknologi saat ini.

Dalam arahan Ketua PB PGRI Prof. Dr. Unifah, Rosyidi, M.Pd menyampaikan apresiasi dengan langkah PGRI Sumsel dengan dua kampus unggulannya yakni Universitas PGRI Palembang dan Universitas PGRI Silampari.

(Suasana pembukaan Kuliah Umum)

Tak lupa ia memberikan semangat agar terus berinovasi dengan dizaman teknologi dan informasi yang semakin cepat. Dan salah satu menuju perubahan tersebut dengan meningkatkan kualitas SDM.

“Kami juga ucapkan selamat atas perubahan YPLP PT PGRI yang saat ini telah menjadi Badan Pengurus Harian Universitas PGRI Palembang dan Universitas Silampati,” terangnya.

Ketua BPH Universitas PGRI Silampari Drs. H. Lukman Haris, M.Si siap merespon perubahan zaman yang kini harus bertransformasi pada Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0 di Perguruan Tinggi.

Apalagi Universitas PGRI Silampari ini baru berubah dari STKIP PGRI Silampari yang membutuhkan penyesuaian baik itu SDM, sarana prasarana, maupun inovasi lain.

“Mudah-mudahan semua kita bisa terus meningkatkan kualitas lulusan dengan memaksimalkan peran Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tapi memang itu perjuangan yang tidak mudah. Dan melalui Kuliah Umum ini kita bisa mengetahui bagaimana menyusun program ke depan,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button